Perth, Kota Termahal di Australia - Kompas.com

Perth, Kota Termahal di Australia

Kompas.com - 11/07/2013, 04:26 WIB
Pemandangan pantai Kota Perth, Australia
PERTH, KOMPAS.com — Sebuah indeks online menyebutkan Perth menjadi kota termahal di Australia dan nomor sepuluh termahal di dunia. Indikator kemahalan diukur antara lain dari biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Numbeo, situs yang mengklaim memiilki data terlengkap tentang kota dan negara di dunia, menempatkan Perth melampaui Darwin, Sydney, Canberra, dan Melbourne. Biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, restoran, tranportasi, serta tarif listrik, air, dan telepon di ibu kota negara bagian Australia Barat ini, melampaui empat ibu kota negara bagian lain di Australia.

Perth, menurut Numbeo, juga menjadi kota termahal di belahan selatan bumi, di antara kota-kota mahal seperti Swiss maupun Trondheim di Norwegia. Data mengenai indeks kemahalan versi Numbeo ini dilansir news.com.au pada Rabu (10/7/2013).

Indeks Numbeo diperbaharui seminggu sekali berdasarkan data yang diperoleh dari pembandingan harga-harga di seluruh dunia. Indeks ini memberikan angka 121.99 ketika dibandingkan dengan New York di Amerika Serikat. Artinya, biaya di Perth lebih mahal 21,99 persen di atas New York.

Seakan mendukung indeks itu, harga bensin di Perth per Rabu (10/7/2013) mengalami kenaikan 16 sen dollar Australia, setara Rp 1.500 per liter. Dengan kenaikan ini, harga per liter bensin di Australia adalah 1,563 dollar Australia, sekitar Rp 15.000.


EditorPalupi Annisa Auliani

Close Ads X