Kompas.com - 09/07/2013, 17:01 WIB
EditorErvan Hardoko
BERSHEEBA, KOMPAS.com — Seorang wartawan yang menyamar berhasil merekam tindakan rasial di sebuah fasilitas olahraga Israel yang menerapkan kebijakan melarang masuk warga keturunan Arab.

Kisah ini berawal ketika seorang guru berdarah Palestina, Tahir Marisat, Selasa (9/7/2013), dilarang masuk ke Beersheba Country Club setelah petugas klub mengatakan tempat tersebut khusus diperuntukkan bagi warga lokal.

Padahal, Marisat adalah warga kota Bersheeba dan sudah tinggal di kota itu selama 11 tahun. Dia memang berasal dari kota Tamra di wilayah utara Israel. Namun, di dalam KTP Marisat, kota Tamra masih tercatat sebagai tempat tinggalnya.

"Kami hanya ingin berenang. Petugas mengatakan, kami tak bisa menggunakan kolam renang karena manajemen melarang mereka yang bukan warga Bersheeba menggunakan fasilitas klub," kata Marisat kepada harian Israel, Maariv.

"Namun, saya tahu banyak yang bukan warga Bersheeba berenang di sana. Saya menantang petugas untuk menanyai mereka yang sedang berenang, tetapi dia menolak," lanjut Marisat.

Setelah ditolak, guru berusia 32 tahun itu menghubungi acara televisi bincang-bincang pagi terkenal di sebuah stasiun televisi Israel, Channel 10.

Mendapat laporan ini, Channel 10 mengirim wartawannya untuk menyamar dan meliput suasana klub tersebut.

Saat datang ke klub itu, sang wartawan Yahudi langsung diterima dengan tangan terbuka meski mengaku kepada pegawai klub bahwa dia bukan warga Bersheeba.

Pembicaraan dengan pegawai klub itu direkam secara rahasia oleh si wartawan dan si pegawai klub mengatakan si wartawan tetap bisa masuk ke klub meski bukan warga lokal.

"Aturan itu hanya untuk populasi tertentu, bukan untuk Anda," kata pegawai itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.