Kompas.com - 09/07/2013, 16:27 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com — Pemerintah Arab Saudi, Selasa (9/7/2013), memperingatkan tak ragu mendeportasi warga asing yang tak menghormati umat Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Warga asing yang tetap makan, minum, atau merokok di tempat publik akan ditahan dan kemudian dideportasi.

Awal bulan Ramadhan di Arab Saudi akan jatuh pada Rabu (10/7/2013) sehingga semua penduduk Arab Saudi, baik lokal maupun ekspatriat, diharapkan menghindari makan, minum, merokok, atau mengunyah permen karet di tempat umum.

"Mereka yang tertangkap basah akan ditahan dan akan menghadapi konsekuensi hukum atas perbuatannya," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, seperti dikutip harian Al-Watan.

"Hukuman bagi pelanggar bisa hukuman kurungan atau cambuk atau keduanya. Namun, bagi warga asing, hukuman akan ditambah dengan deportasi," demikian ungkap Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Sejumlah sumber dari Komisi Penegak Kebajikan dan Pencegah Perbuatan Jahat mengatakan kepada Al-Watan bahwa Kementerian meminta komisi memperketat pengawasan di jalan-jalan untuk memastikan semua orang menghormati bulan Ramadhan.

"Peringatan ini berlaku untuk semua penduduk, baik Muslim maupun non-Muslim. Peringatan ini sejalan dengan hukum Arab Saudi yang melarang pelanggaran etika Ramadhan dan mendorong penghormatan terhadap umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa," kata sumber itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Gulf News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.