Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Tuding Pilot Jadi Biang Kecelakaan, Asiana Airlines Geram

Kompas.com - 08/07/2013, 20:20 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Manajemen Asiana Airlines, Senin (8/7/2013), menggambarkan laporan berbagai media yang menuding kesalahan pilot sebagai biang kecelakaan di San Francisco sangat tidak berdasar.

CEO Asiana Airlines, Yoon Young-doo, sebelumnya mengakui bahwa Lee Kang-kuk (46), pilot yang menerbangkan Boeing 777 naas itu, sedang dalam proses pelatihan menerbangkan pesawat itu.

Namun, Yoon mengatakan, Lee didampingi seorang pelatih berpengalaman yang bertindak sebagai kopilot dalam penerbangan dari Seoul ke San Francisco itu.

Lee Kang-kuk memang baru mengantongi 43 jam menerbangkan Boeing 777, tetapi secara total Lee adalah pilot berpengalaman dengan 9.000 jam terbang.

"Spekulasi terkait pengalaman pilot sangat tidak bisa diterima dan kabar itu sangat bertentangan dengan kenyataan," kata Yoon.

"Masalah ini bukan sesuatu yang dapat dijadikan spekulasi. Jadi, seharusnya Anda tidak berspekulasi," tambah dia.

Yoon menambahkan, Lee sedang menjalankan sebuah tipe latihan reguler yang dijalankan seluruh maskapai penerbangan di dunia.

Dalam pernyataan resminya, Asiana Airlines mengatakan, penerbangan ke San Francisco adalah pengalaman pertama Lee mendaratkan Boeing 777. Sebelumnya, dia sudah kerap mendarat di San Francisco menggunakan Boeing 748 dari 1999 hingga 2004.

Pelatihnya, lanjut Asiana, adalah seorang pilot yang sangat berpengalaman dengan 12.000 jam terbang.

Sebelumnya, Asiana Airlines telah membantah adanya kemungkinan kerusakan mesin dalam kecelakaan yang menyebabkan dua orang meninggal dunia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com