Kompas.com - 08/07/2013, 20:20 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com — Manajemen Asiana Airlines, Senin (8/7/2013), menggambarkan laporan berbagai media yang menuding kesalahan pilot sebagai biang kecelakaan di San Francisco sangat tidak berdasar.

CEO Asiana Airlines, Yoon Young-doo, sebelumnya mengakui bahwa Lee Kang-kuk (46), pilot yang menerbangkan Boeing 777 naas itu, sedang dalam proses pelatihan menerbangkan pesawat itu.

Namun, Yoon mengatakan, Lee didampingi seorang pelatih berpengalaman yang bertindak sebagai kopilot dalam penerbangan dari Seoul ke San Francisco itu.

Lee Kang-kuk memang baru mengantongi 43 jam menerbangkan Boeing 777, tetapi secara total Lee adalah pilot berpengalaman dengan 9.000 jam terbang.

"Spekulasi terkait pengalaman pilot sangat tidak bisa diterima dan kabar itu sangat bertentangan dengan kenyataan," kata Yoon.

"Masalah ini bukan sesuatu yang dapat dijadikan spekulasi. Jadi, seharusnya Anda tidak berspekulasi," tambah dia.

Yoon menambahkan, Lee sedang menjalankan sebuah tipe latihan reguler yang dijalankan seluruh maskapai penerbangan di dunia.

Dalam pernyataan resminya, Asiana Airlines mengatakan, penerbangan ke San Francisco adalah pengalaman pertama Lee mendaratkan Boeing 777. Sebelumnya, dia sudah kerap mendarat di San Francisco menggunakan Boeing 748 dari 1999 hingga 2004.

Pelatihnya, lanjut Asiana, adalah seorang pilot yang sangat berpengalaman dengan 12.000 jam terbang.

Sebelumnya, Asiana Airlines telah membantah adanya kemungkinan kerusakan mesin dalam kecelakaan yang menyebabkan dua orang meninggal dunia ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Sumber
    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.