Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Tewas dan Puluhan Luka Akibat Jatuhnya Asiana Airlines

Kompas.com - 07/07/2013, 06:18 WIB
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Dua orang dikabarkan tewas dan 103 lainnya terluka setelah sebuah pesawat Boeing 777 milik maskapai penerbangan Korea Selatan, Asiana Airlines jatuh saat mendarat di bandara internasional San Francisco, Sabtu (6/7/2013) siang waktu setempat.

Namun menurut Wakil Konsul Jenderal Korea Selatan di San Francisco Hong Sungwook, korban tewas dalam kecelakaan ini baru tercatat satu orang, sedangkan korban luka mencapai 20-30 orang. Demikian Sungwook kepada kantor berita Reuters.

Menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap, pesawat dengan nomor penerbangan 214 dari Seoul itu membawa 292 orang penumpang dan 16 awak pesawat.

Sejumlah saksi mata mengatakan mereka melihat bagian belakang pesawat itu patah saat jatuh. Percikan api terlihat saat pesawat itu mendarat yang memaksa para penumpang keluar dari pesawat menggunakan pintu darurat.

Bagian dari ekor pesawat dan roda pendarat bertebaran di sepanjang landas pacu bandara. Tayangan televisi memperlihatkan bagian atas badan pesawat terbakar dan salah satu mesin jugua terlihat rusak.

"Saya baru saja mendarat darurat di SFO. Ekor patah. Sebagian besar penumpak nampak baik-baik saja. Saya baik-baik saja," kata David Eun, yang diduga kuat adalah salah seorang penumpang, lewat akun Twitternya.

"Anggota pemadam kebakaran dan tim penyelamat ada di mana-mana. Mereka mengevakuasi korban luka," sambung Eun.

Juru bicara Badan Penerbangan Sipil Nasional (FAA) Laura Brown mengatakan, pesawat Boeing 777 itu seharusnya mendarat di landas pacu 28 di bandara internasional San Francicsco.

Laura menmgatakan, kronologi kecelakaan belum sepenuhnya jelas, namun kemungkinan besar pesawat itu sudah sempat mendarat lalu jatuh.

Sementara itu, Badan Keamanan Transportasi Nasional (NTSB) mengatakan, saat ini seluruh tim fokus untuk menyelamatkan korban kecelakaan.

Untuk sementara seluruh penerbangan menuju ke San Francisco dialiihkan ke bandara lain termasuk bandara Los Angeles.

"Seluruh tim saat ini fokus memeriska operasional, faktor manusia, faktor keselamatan, operasional bandara. Tim juga akan fokus ke pesawat terbangnya -sistem, struktur dan mesin," kata Ketua NTSB, Debbie Hersman.

"Masih terlalu dini bagi kami untuk menjelaskan apa yang terjadi," tambah Hersman.

Asiana Airlines adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di Korea Selatan. Maskapai itu kini tengah mencoba meluaskan jangkauan layanannya hingga ke Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com