Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Api Pengangkut BBM Meledak di Kanada, Puluhan Gedung Rusak

Kompas.com - 07/07/2013, 02:04 WIB
QUEBEC, KOMPAS.com - Sebuah kereta api tanpa pengemudi yang membawa muatan bahan bakar minyak anjlok saat melaju dala m kecepatan tinggi dan meledak di sebuah kota kecil Kanada, Sabtu (6/7/2013) dini hari waktu setempat.

Ledakan kereta bermuatan bahan bakar ini mengakibatkan belasan gedung hancur dan sejumlah orang dikhawatirkan hilang.

Tragedi itu terjadi pada pukul 01.00 dini hari waktu setempat atau sekitar tengah hari di Indonesia. Kereta api dengan 73 rangkaian itu melaju kencang memasuki kota Lec-Megantic, sebuah kota di tepu danau berpenduduk 6.000 orang di perbatasan dengan negara bagian Maine, AS.

Dalam kecepatan tinggi itu, kereta api naas tersebut tergelincir dan meledak. Sejumlah saksi mata mengatakan pusat kota Lec-Megantic sedang dipadati penduduk saat insiden itu terjadi.

Empat tanki bertekanan tinggi yang berada dalam rangkaian kereta api itu meledak dan mengakibatkan bola api raksasa hingga beberapa ratus meter ke udara.

Meski kepolisian setempat mengatakan belum bisa memastikan jumlah korban karena belum dapat mendekat ke lokasi ledakan, sebuah foto udara memperlihatkan kehancuran hebat di pusat kota kecil itu.

Seorang petinggi perusahaan operator kereta naas itu Montreal, Maine & Atlantic mengatakan, kereta api itu sebenarnya tengah berhenti di sebuah tempat yang agak jauh dari pusat kota dan tak ada satu orangpun di atas kereta api itu saat anjlok.

"Kami belum bisa memastikan apa yang terjadi, namun masinis sudah melakukan prosedur yang benar. Dia sudah memarkir kereta itu dan menunggu penggantinya. Entah bagaimana, kereta api itu bergerak sendiri," kata wakil presiden bagian penjualan Joseph R. McGonigle.

"Terjadi kerusakan hebat di beberapa bangunan, namun kami belum mendapatkan informasi soal korban. Namun, kami yakin dalam insiden ini jatuh korban," tambah dia.

Rel kereta api yang menjadi lokasi kecelakaan memang melintas di dekat sebuah bar yang populer di kalangan anak-anak muda. Yvon Rosa, seorang saksi mata mengatakan, dia melihat kereta api itu terguling saat mencapai rel yang menikung.

"Saya belum pernah melihat kereta api melintas secepat itu di pusat kota Lac-Megantic," kata Rosa kepada Radio Kanada bahasa Perancis.

"Saya melihat rangkaian gerbong tergelincir keluar rel dan selanjutnya semua meledak. Dalam waktu singkat pusat kota sudah dilalap api," lanjut Rosa.

Sementara sejumlah penduduk mengatakan mereka mendengar lima atau enam ledakan keras dan setelah 12 jam salah satu gerbong kereta masih terbakar.

"Banyak orangtua yang khawatir karena tidak bisa menghubungi anggota keluarga atau kerabat mereka," kata Wali kota Lac-Megantic, Collete Roy-Laroche.

"Kami belum bisa memberikan informasi lebih banyak saat ini, karena petugas pemadam kebakaran belum bisa mendekat ke lokasi kecelakaan," lanjut wali kota.

Lac-Megantic terletak di sebelah timur Provinsi Quebec yang merupakan daerah wisata yang cukup populer, apalagi lokasinya sangat dekat dengan negara bagian Maine dan Vermont, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com