Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Bolivia Tawarkan Suaka Politik untuk Snowden

Kompas.com - 07/07/2013, 01:21 WIB
LA PAZ, KOMPAS.com - Pemerintah Bolivia, Sabtu (6/7/2013), menyatakan siap memberi suaka politik untuk Edward Snowden, jika buronan paling dicari AS itu memintanya.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Bolivia Evo Morales yang menambahkan, negerinya tidak takut terhadap Amerika Serikat dan negara-negara Eropa sekutu AS.

Tawaran Presiden Morales itu datang setelah sebelumnya Venezuela dan Nikaragua juga memberikan tawaran suaka kepada Snowden.

Tawaran Morales ini datang 13 jam setelah pesawat kepresidenan Bolivia dipaksa mendarat di Vienna, Austria karena isu yang menyatakan pesawat Bolivia yang meninggalkan Moskwa, Rusia itu membawa Snowden di dalamnya.

Edward Snowden, mantan teknisi komputer untuk CIA dan Badan Keamanan Nasional (NSA), sudah berada di zona transit Bandara Sheremetyevo, Moskwa sejak 23 Juni lalu.

Sebelumnya, Snowden terbang dari Hong Kong menuju Kuba. Namun saat transit di Moskwa, Snowden tidak kembali ke dalam pesawat tujuan Havana. Kini pemerintah AS sudah mencabut paspor Snowden.

Snowden sudah mengirimkan permohonan suaka politik ke lebih dari 20 negara, sebagai upaya menghindari hukum AS setelah dia membeberkan program penyadapan komunikasi warga AS yang dilakukan NSA.

Saat ini tidak ada penerbangan langsung dari Moskwa ke tiga negara Amerika Latin itu. Rute menuju ke ketiga negara itu biasanya harus melewati Havana, Kuba.

Namun, hingga kini belum terlihat tanda-tanda Snowden menaiki sebuah penerbangan menuju Kuba. Selain itu penerbangan dari Moskwa menuju Kuba akan sulit karena sejumlah negara Eropa menutup wilayah udara mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com