Kompas.com - 07/07/2013, 00:25 WIB
EditorErvan Hardoko

ABUJA, KOMPAS.com — Sedikitnya 42 orang pelajar dan seorang guru tewas dalam serangan subuh di sebuah sekolah di Nigeria timur laut yang diduga dilakukan kelompok militan Islam, Sabtu (6/7/2013).

Sejumlah saksi mata mengatakan, beberapa korban dalam serangan di kota Mamudo, negara bagian Yobe, tewas setelah dibakar hidup-hidup. Sementara siswa dari asrama sekolah yang mencoba melarikan diri ditembaki.

Yobe merupakan salah satu dari tiga negara bagian yang dinyatakan Presiden Goodluck Jonathan dalam keadaan darurat pada Mei lalu.

Pemerintah juga sudah mengerahkan ribuan pasukan ke tiga kawasan darurat tersebut.

Para korban yang selamat dari serangan mengatakan kelompok militan yang menyerang mereka datang dengan membawa kaleng minyak dan membakar sekolah.

Wartawan BBC di Lagos, Will Ross, melaporkan kawasan Yobe merupakan salah satu sasaran yang sering diserang kelompok militan Boko Haram

Belum lumpuh

Dalam memperjuangkan tujuannya untuk mendirikan negara Islam di Nigeria, Boko Haram antara lain sudah membakar puluhan sekolah dalam waktu sekitar tiga tahun belakangan.

Diperkirakan lebih dari 600 orang tewas akibat serangan Boko Haram sejak tahun 2012.

Militer Nigeria mengatakan sudah berhasil mengendalikan tiga negara bagian yang dinyatakan dalam keadaan darurat.

Pekan ketiga Mei, mereka mengatakan telah menghancurkan sejumlah kamp kelompok militan Boko Haram yang digunakan untuk mengkoordinasikan serangan.

Namun, operasi militer dengan bantuan pesawat dan helikopter tempur tampaknya belum berhasil sepenuhnya melumpuhkan Boko Haram walau hal itu "mengusir" mereka untuk berlindung ke kawasan pegunungan.

Dari tempat persembunyian, para militan tetap melakukan serangan dengan sasaran penduduk sipil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.