Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Serang Sekolah, 42 Orang Tewas

Kompas.com - 07/07/2013, 00:25 WIB

ABUJA, KOMPAS.com — Sedikitnya 42 orang pelajar dan seorang guru tewas dalam serangan subuh di sebuah sekolah di Nigeria timur laut yang diduga dilakukan kelompok militan Islam, Sabtu (6/7/2013).

Sejumlah saksi mata mengatakan, beberapa korban dalam serangan di kota Mamudo, negara bagian Yobe, tewas setelah dibakar hidup-hidup. Sementara siswa dari asrama sekolah yang mencoba melarikan diri ditembaki.

Yobe merupakan salah satu dari tiga negara bagian yang dinyatakan Presiden Goodluck Jonathan dalam keadaan darurat pada Mei lalu.

Pemerintah juga sudah mengerahkan ribuan pasukan ke tiga kawasan darurat tersebut.

Para korban yang selamat dari serangan mengatakan kelompok militan yang menyerang mereka datang dengan membawa kaleng minyak dan membakar sekolah.

Wartawan BBC di Lagos, Will Ross, melaporkan kawasan Yobe merupakan salah satu sasaran yang sering diserang kelompok militan Boko Haram

Belum lumpuh

Dalam memperjuangkan tujuannya untuk mendirikan negara Islam di Nigeria, Boko Haram antara lain sudah membakar puluhan sekolah dalam waktu sekitar tiga tahun belakangan.

Diperkirakan lebih dari 600 orang tewas akibat serangan Boko Haram sejak tahun 2012.

Militer Nigeria mengatakan sudah berhasil mengendalikan tiga negara bagian yang dinyatakan dalam keadaan darurat.

Pekan ketiga Mei, mereka mengatakan telah menghancurkan sejumlah kamp kelompok militan Boko Haram yang digunakan untuk mengkoordinasikan serangan.

Namun, operasi militer dengan bantuan pesawat dan helikopter tempur tampaknya belum berhasil sepenuhnya melumpuhkan Boko Haram walau hal itu "mengusir" mereka untuk berlindung ke kawasan pegunungan.

Dari tempat persembunyian, para militan tetap melakukan serangan dengan sasaran penduduk sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com