Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Kembali Ajak Korut Bicarakan Pembukaan Kembali Kaesong

Kompas.com - 04/07/2013, 15:24 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Selatan, Kamis (4/7/2013), mengusulkan pembicaraan baru dengan Korea Utara terkait pembukaan kembali zona industri bersama Kaesong yang ditutup di puncak ketegangan militer beberapa waktu lalu.

Proposal itu disampaikan sehari setelah Korut menyambungkan kembali saluran telepon langsung kedua negara dan mengizinkan pebisnis Korsel mengunjungi Kaesong untuk memeriksa aset mereka.

Menteri Unifikasi Korea Selatan mengirim pesan ke Korea Utara, dan menyarankan sebuah pertemuan di desa perbatasan Panmunjom pada Sabtu (6/7/2013). Demikian dikatakan juru bicara kementerian, Kim Hyung-seok.

"Kedua pihak bisa mendiskusikan masalah pemeriksaan fasilitas dan peralatan, serta isu pembukaan kembali distrik industri Kaesong," kata Kim.

Sejauh ini belum diperoleh respons dari Pemerintah Korea Utara. Sebelumnya rencana pembicaraan soal Kaesong bulan lalu gagal karena masalah perselisihan protokoler.

Kompleks industri Kaesong yang ditutup sepihak oleh Korea Utara pada April lalu, dianggap menjadi satu-satunya simbol rekonsiliasi lintas perbatasan antara kedua Korea.

Selain itu, di kawasan yang menampung 123 perusahaan Korea Selatan itu bekerja 53.000 warga Korea Utara, dan produk yang dihasilkan Kaesong menjadi salah satu sumber dana segar bagi Korea Utara yang miskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com