Kompas.com - 04/07/2013, 15:24 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Selatan, Kamis (4/7/2013), mengusulkan pembicaraan baru dengan Korea Utara terkait pembukaan kembali zona industri bersama Kaesong yang ditutup di puncak ketegangan militer beberapa waktu lalu.

Proposal itu disampaikan sehari setelah Korut menyambungkan kembali saluran telepon langsung kedua negara dan mengizinkan pebisnis Korsel mengunjungi Kaesong untuk memeriksa aset mereka.

Menteri Unifikasi Korea Selatan mengirim pesan ke Korea Utara, dan menyarankan sebuah pertemuan di desa perbatasan Panmunjom pada Sabtu (6/7/2013). Demikian dikatakan juru bicara kementerian, Kim Hyung-seok.

"Kedua pihak bisa mendiskusikan masalah pemeriksaan fasilitas dan peralatan, serta isu pembukaan kembali distrik industri Kaesong," kata Kim.

Sejauh ini belum diperoleh respons dari Pemerintah Korea Utara. Sebelumnya rencana pembicaraan soal Kaesong bulan lalu gagal karena masalah perselisihan protokoler.

Kompleks industri Kaesong yang ditutup sepihak oleh Korea Utara pada April lalu, dianggap menjadi satu-satunya simbol rekonsiliasi lintas perbatasan antara kedua Korea.

Selain itu, di kawasan yang menampung 123 perusahaan Korea Selatan itu bekerja 53.000 warga Korea Utara, dan produk yang dihasilkan Kaesong menjadi salah satu sumber dana segar bagi Korea Utara yang miskin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.