Kompas.com - 04/07/2013, 11:04 WIB
EditorEgidius Patnistik

November 2011

28: Mesir menyelenggarakan tahap pertama pemilihan umum pertama pasca-revolusi. Partai-partai Islam memenangkan sekitar dua-pertiga kursi parlemen, dari jumlah itu setengahnya diraih Ikhwanul Muslimin.

2012

30 Juni: Muhammad Mursi, yang memenangkan pemilihan presiden dengan perolehan suara 51,7 persen, dilantik. Ia menjadi penguasa sipil pertama sekaligus presiden Islamis pertama di Mesir.

12 Agustus: Mursi menghapus dokumen konstitusi yang menyerahkan  kekuasaan besar kepada  militer dan memecat Marsekal Hussein Tantawi, panglima militer yang menggulingkan pemimpin sebelumnya, Hosni Mubarak.

22 November: Mursi menerbitkan dekrit tentang kekuasaan baru buat dirinya sendiri. Namun, dia membatalkan dekrit itu pada 8 Desember setelah ada penolakan luas.

15 dan 22 Desember: 64 persen pemilih dalam referendum dua putaran mendukung konstitusi baru itu dalam sebuah pemungutan suara yang oposisi katakan telah dicurangi. Demonstrasi oleh para pendukung dan penentang Mursi kadang-kadang berubah menjadi bentrokan yang mematikan.

2013

24 Januari: Terjadi kekerasan antara para demonstran dan polisi pada malam ulang tahun pemberontakan 2011. Hampir 60 orang tewas dalam waktu satu minggu.

2 Juni: MA Mesir tidak mengesahkan Senat yang didominasi kaum Islamis, yang mengemban sebuah peran legislatif ketika parlemen dibubarkan, dan sebuah panel yang menyusun konstitusi.

Halaman:
Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    Sumber
    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.