Kompas.com - 04/07/2013, 08:39 WIB
|
EditorEgidius Patnistik
KAIRO, KOMPAS.COM — Presiden Mesir yang terguling, Muhammad Mursi, ditahan di fasilitas militer bersama para pembantu utamanya setelah tentara mengumumkan kejatuhannya, kata seorang anggota senior Ikhwanul Muslimin, Kamis (4/7/2013).

"Mursi dan seluruh tim presiden berada di bawah tahanan rumah di Presidential Republican Guards Club," kata Gehad El-Haddad, putra seorang pembantu utama Mursi, kepada AFP. Ayah Haddad, yaitu Essam El-Haddad, yang secara luas dilihat sebagai tangan kanan Mursi, termasuk di antara mereka yang ditahan.

Seorang juru bicara militer tidak menanggapi permintaan untuk memastikan penahanan Mursi. Sejauh ini, tidak segera jelas apakah presiden yang digulingkan itu kemudian akan diizinkan untuk pergi.

Para pembantu utama Mursi telah mematikan ponsel mereka. Sejumlah pembantu presiden lainnya yang terpisah dari Mursi sejak pagi hari mengatakan bahwa mereka telah kehilangan komunikasi dengan pemimpin mereka. Mursi sebelumnya berada di kantornya di markas Garda Republik, sebelum ia dipindahkan.

Seorang jenderal polisi mengatakan, kepada AFP bahwa pasukan keamanan berusaha untuk menangkap para pemimpin gerakan Ikhwanul Muslimin yang mendukung Mursi. Polisi telah menangkap Saad al-Katatni, ketua Partai Kebebasan dan Keadilan, partainya pendukung Mursi, dan Rashad Bayoumi, wakil pembina tertinggi Ikhwanul Muslimin, kata jenderal itu.

Beberapa jam setelah mengumumkan kejatuhan Mursi, militer membatalkan konstitusi dan menunjuk Ketua Mahkamah Agung Mesir sebagai presiden sementara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.