KAIRO, KOMPAS.com — Presiden terguling Mesir, Muhammad Mursi, dikenakan tahanan rumah. Informasi ini disampaikan Juru Bicara Ikhwanul Muslimin, Gehad El-Haddad, melalui akun Twitter.

Haddad mengatakan, Mursi dikenakan tahanan rumah di salah satu klub milik pejabat Garda Republik. Menurut dia, para pengawal Mursi juga dikenakan tahanan rumah.

Sementara itu, Mursi melalui jaringan televisi Aljazeera menyatakan menolak penggulingan dirinya oleh militer. Dalam siaran Kamis (4/7/2013) dini hari, yang tak bisa dilihat melalui jaringan televisi Mesir, Mursi menyatakan akan tetap mempertahankan keabsahannya sebagai pemimpin Mesir.

"Saya menolak tegas pelengseran dari posisi presiden. Saya tetap sebagai presiden sah di negara ini," kata Mursi. Tempat Mursi menyampaikan pidato ini tidak diketahui, hanya ada latar kaligrafi dan bendera Mesir di belakang Mursi.

Pidato yang dikutip Aljazeera ini ditayangkan melalui jaringan internet, satu jam setelah militer mengumumkan langkah penyelesaian krisis Mesir. Mursi mengatakan, dia siap berdialog dengan semua kekuatan politik untuk menyelesaikan persoalan bangsa.

Mursi juga menyerukan semua pihak, termasuk pendukungnya, untuk tidak melakukan aksi anarkistis dan tetap memelihara keamanan negara. Mursi pun meminta militer dan kepolisian untuk melindungi seluruh rakyat dan menjaga stabilitas keamanan.

Sumber: CNN/ANT

Klik juga foto-foto ukuran besar tentang "Presiden Mesir Digulingkan" di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.