Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WikiLeaks Akan Bertarung di Pemilu Australia

Kompas.com - 03/07/2013, 09:59 WIB
Palupi Annisa Auliani,
Harry Bhaskara

Tim Redaksi

CANBERRA, KOMPAS.com — WikiLeaks, organisasi yang selama ini dikenal sebagai penentang kerahasiaan, akan bertarung sebagai partai politik di Australia, dalam pemilu Senat. Julian Assange, pendiri dan pemimpin organisasi tersebut, akan menjadi salah satu kandidat yang diusung dalam perebutan kursi Senat Australia di pemilu mendatang.

Kabar soal partai WikiLeaks dan rencana Assange maju dalam pemilu Senat Australia, sebelumnya sempat mencuat pada awal tahun ini. Informasi tersebut muncul menyusul pengumuman jadwal kampanye pemilu Senat oleh Perdana Menteri Australia yang saat itu masih diduduki Julia Gillard.

Guardian Australia mengabarkan, Selasa (2/7/2013), WikiLeaks sudah resmi mendaftar ke Komisi Pemilu Australia untuk ikut berebut kursi senat dalam pemilu mendatang. Dalam pendaftaran itu, WikiLeaks akan ikut pemilihan di tiga dari enam negara bagian Australia.

WikiLeaks rencananya akan turut serta dalam pemilihan senat di Australia Barat, Victoria, dan New South Wales. Mereka tidak mengikuti pemilihan di tiga negara bagian lain, yaitu Australia Selatan, Queensland, dan Tasmania.

Senat adalah majelis tinggi di parlemen Australia, yang beranggotakan 76 orang. Namun, Perdana Menteri Australia Kevin Rudd belum menentukan tanggal baru pemilu yang sebelumnya ditetapkan 14 September 2013 oleh pendahulunya, Julia Gillard.            

Partai WikiLeaks mendapat surat resmi pendaftaran, Selasa (2/7/2013), atas nama Gail Malone. Dia adalah anggota Partai WikiLeaks yang disebut sebagai "aktivis perdamaian" di situs webnya.

Manajer kampanye Partai WikiLeaks, Greg Barns, mengatakan partainya akan berkonsentrasi menyiapkan kebijakan-kebijakan utama dalam minggu-minggu ini. Dia menyebutkan, isu perubahan iklim, pengungsi, dan perpajakan, masuk dalam kebijakan utama yang akan mereka usung.

Barns menambahkan Partai WikiLeaks akan mengajukan dua kandidat di negara bagian Australia Barat. Sementara itu, untuk negara bagian Victoria dan New South Wales, dua atau tiga kandidat akan disiapkan.

Saat ini baru Julian Assange yang dipastikan akan mewakili partai WikiLeaks untuk negara bagian Victoria. Meski demikian, sampai saat ini Assange masih tinggal di kedutaan Ekuador di London, Inggris, menyusul kekalahannya dalam sidang gugatan melawan tuntutan ekstradisi ke Swedia.

Assange dikenakan tuduhan pelecehan seksual di Swedia sehingga negara itu meminta ekstradisi ke Inggris. Semua tuduhan tersebut dibantah Assange. Sebelum dikenal terkait dengan WikiLeaks, dia adalah seorang jurnalis di Australia, yang lahir dan besar di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com