Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Minta AS Segera Hentikan Penyadapan

Kompas.com - 01/07/2013, 23:38 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Presiden Perancis Francois Hollande, Senin (1/7/2013), mendesak Pemerintah AS untuk menghentikan kegiatan memata-matai berbagai institusi Eropa.

Pernyataan Hollande ini dikeluarkan setelah munculnya kabar Amerika Serikat menyadap kantor Uni Eropa di Brussels dan Washington DC.

"Kami tak dapat menerima perilaku semacam ini di antara kawan dan sekutu," kata Hollande kepada para wartawan.

"Kami meminta itu (penyadapan) segera dihentikan. Sudah cukup bukti bagi kami untuk meminta penjelasan Washington soal masalah ini," tambah Hollande.

"Tidak ada negosiasi atau transaksi di semua area sampai kami mendapatkan garansi, tak hanya untuk Perancis, tetapi untuk seluruh Uni Eropa dan seluruh rekan Amerika Serikat," Hollande menegaskan.

Lebih jauh, Hollande mengatakan, dia memahami penyadapan dilakukan Amerika Serikat untuk mencegah terorisme.

"Tetapi, saya pikir ancaman terorisme tidak ada di kedutaan kami atau perwakilan Uni Eropa," ujar Hollande.

Dia menegaskan, masalah penyadapan ini merupakan situasi yang bisa merenggangkan hubungan antara Eropa dan Amerika Serikat.

"Kita harus segera memperbaiki kepercayaan yang hilang," kata Hollande lagi.

Hollande mengatakan, dia sudah meminta Menteri Luar Negeri Laurent Fabius untuk meminta penjelasan sesegera mungkin dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

Sebelumnya, koran mingguan Jerman Der Spiegel mengabarkan Badan Keamanan Nasional (NSA) menyadap kantor Uni Eropa di Brussels dan Washington. Berita ini dibuat Der Spiegel, mengutip dokumen yang dibocorkan Edward Snowden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com