Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Pasukan Penjinak Bom Afganistan Tertangkap Kamera

Kompas.com - 01/07/2013, 15:11 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Aksi dramatis seorang anggota penjinak bom Angkatan Darat Afganistan tertangkap kamera jurnalis, Senin (1/7/2013).

Dalam foto itu, terlihat anggota penjinak bom tengah mendekati seorang pelaku bom bunuh diri yang berhasil ditangkap setelah gagal melakukan serangan di Jalalabad.

Pelaku terlihat meringkuk di tanah dan mengenakan rompi bom bunuh dirinya. Pria itu dalam keadaan terikat untuk mencegah dia mengaktifkan bom tersebut.

Aksi dramatis yang sukses itu mengingatkan sebagian adegan film pemenang Oscars, The Hurt Locker, yang mengisahkan kiprah pasukan penjinak bom AS di kancah perang Irak.

Sementara itu, di Kabul, militer Afganistan berhasil menggagalkan sebuah upaya bom bunuh diri. Pasukan Afganistan menembak mati pelaku.

Sebelumnya, pria yang menjadi pelaku bom bunuh diri itu mengenakan seragam militer saat mendekati kantor Direktorat Keamanan Nasional.

Kedua upaya bom bunuh diri yang gagal itu diyakini didalangi kelompok Taliban yang semakin meningkatkan serangan di saat AS sedang berupaya untuk mewujudkan rencana pembicaraan damai dengan Taliban yang macet.

Sementara itu, Pemerintah Afganistan menegaskan, pembicaraan damai hanya akan terjadi jika Kabul bertemu dengan para negosiator Kabul yang selama ini ditolak Taliban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com