Kompas.com - 01/07/2013, 15:11 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com — Aksi dramatis seorang anggota penjinak bom Angkatan Darat Afganistan tertangkap kamera jurnalis, Senin (1/7/2013).

Dalam foto itu, terlihat anggota penjinak bom tengah mendekati seorang pelaku bom bunuh diri yang berhasil ditangkap setelah gagal melakukan serangan di Jalalabad.

Pelaku terlihat meringkuk di tanah dan mengenakan rompi bom bunuh dirinya. Pria itu dalam keadaan terikat untuk mencegah dia mengaktifkan bom tersebut.

Aksi dramatis yang sukses itu mengingatkan sebagian adegan film pemenang Oscars, The Hurt Locker, yang mengisahkan kiprah pasukan penjinak bom AS di kancah perang Irak.

Sementara itu, di Kabul, militer Afganistan berhasil menggagalkan sebuah upaya bom bunuh diri. Pasukan Afganistan menembak mati pelaku.

Sebelumnya, pria yang menjadi pelaku bom bunuh diri itu mengenakan seragam militer saat mendekati kantor Direktorat Keamanan Nasional.

Kedua upaya bom bunuh diri yang gagal itu diyakini didalangi kelompok Taliban yang semakin meningkatkan serangan di saat AS sedang berupaya untuk mewujudkan rencana pembicaraan damai dengan Taliban yang macet.

Sementara itu, Pemerintah Afganistan menegaskan, pembicaraan damai hanya akan terjadi jika Kabul bertemu dengan para negosiator Kabul yang selama ini ditolak Taliban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.