Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Berlalu, Sekolah di Singapura Dibuka Kembali Besok

Kompas.com - 30/06/2013, 15:43 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

Sumber today.com
SINGAPURA, KOMPAS.COM — Pasca-diliburkan akibat kabut, Kementerian Pendidikan Singapura (MOE) siap membuka kembali sekolah-sekolah di negeri itu, Senin (1/7/2013) besok. Walaupun sejumlah orangtua masih khawatir, MOE meyakinkan bahwa kondisi udara sudah berangsur-angsur membaik.

Tentu saja, pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jika indeks polutan tiba-tiba kembali melesat mencapai level yang membahayakan, sekolah akan langsung dibubarkan.

“Kegiatan di luar kelas, seperti olahraga akan terus disesuaikan, jika indeks polutan melewati angka 100, maka kegiatan tidak akan dilaksanakan, jam sekolah juga dapat diperpendek,” kata pernyataan kementerian itu.

Jendela kelas sangat dianjurkan untuk ditutup dan pendingin ruangan (AC) sebaiknya dinyalakan mengingat angka indeks polutan masih tergolong tidak stabil. Sebagai langkah pencegahan jika kondisi kabut sangat buruk, setiap sekolah harus memiliki ruangan yang dilengkapi AC dan air purifier. Dengan itu, guru ataupun murid yang memiliki sejarah gangguan pernafasan atau paru-paru dapat segera dilarikan ke ruangan ini sebagai bentuk pengobatan pertama.

MOE juga menambahkan agar orangtua bersiap-siap jika sekolah kembali ditutup. Kondisi kabut bisa saja memburuk, orangtua akan diinformasikan paling lambat jam 6 sore melalui telepon atau SMS. Menteri Muda Pendidikan, Indranee Rajah, memahami keadaan bisa runyam dan membingunkan jika sebentar-bentar dibuka dan ditutup. Namun, beliau menambahkan, kesehatan dan keselamatan siswa merupakan hal yang paling utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com