Kompas.com - 30/06/2013, 15:43 WIB
|
EditorEgidius Patnistik
SINGAPURA, KOMPAS.COM — Pasca-diliburkan akibat kabut, Kementerian Pendidikan Singapura (MOE) siap membuka kembali sekolah-sekolah di negeri itu, Senin (1/7/2013) besok. Walaupun sejumlah orangtua masih khawatir, MOE meyakinkan bahwa kondisi udara sudah berangsur-angsur membaik.

Tentu saja, pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jika indeks polutan tiba-tiba kembali melesat mencapai level yang membahayakan, sekolah akan langsung dibubarkan.

“Kegiatan di luar kelas, seperti olahraga akan terus disesuaikan, jika indeks polutan melewati angka 100, maka kegiatan tidak akan dilaksanakan, jam sekolah juga dapat diperpendek,” kata pernyataan kementerian itu.

Jendela kelas sangat dianjurkan untuk ditutup dan pendingin ruangan (AC) sebaiknya dinyalakan mengingat angka indeks polutan masih tergolong tidak stabil. Sebagai langkah pencegahan jika kondisi kabut sangat buruk, setiap sekolah harus memiliki ruangan yang dilengkapi AC dan air purifier. Dengan itu, guru ataupun murid yang memiliki sejarah gangguan pernafasan atau paru-paru dapat segera dilarikan ke ruangan ini sebagai bentuk pengobatan pertama.

MOE juga menambahkan agar orangtua bersiap-siap jika sekolah kembali ditutup. Kondisi kabut bisa saja memburuk, orangtua akan diinformasikan paling lambat jam 6 sore melalui telepon atau SMS. Menteri Muda Pendidikan, Indranee Rajah, memahami keadaan bisa runyam dan membingunkan jika sebentar-bentar dibuka dan ditutup. Namun, beliau menambahkan, kesehatan dan keselamatan siswa merupakan hal yang paling utama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber today.com


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.