Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Makau, Jarang Ada Pengangguran

Kompas.com - 27/06/2013, 21:16 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kalau dibandingkan dengan daerah lain di Republik Rakyat China (RRC), Makau memegang rekor tertinggi ketiadaan pengangguran. Info ini berasal dari data Pusat Layanan Statistik dan Sensus (DSEC) termutakhir sebagaimana warta Xinhua (27/6/2013).

Makau adalah wilayah otonomi khusus China. Menurut data itu, pada Maret sampai dengan Mei 2013, angka pengangguran cuma 1,8 persen. "Ini angka terendah sejak 1999,"kata DSEC.

Angka ini, imbuh DSEC, adalah penurunan 0,1 persen ketimbang data pada Februari sampai dengan April. Pada periode Maret sampai dengan Mei itu, angka pengangguran turun 600 dari 6.400 ketimbang periode Februari sampai dengan April.

Lalu, pada periode Maret sampai dengan Mei 2013 itu, total jumlah pekerja di Makau 360.700 orang. Partisipasi pekerja mencapai angka 72 persen.

DSEC mencatat pula pertumbuhan populasi pekerja adalah 2.000 orang dari jumlah di periode sebelumnya yakni 354.600 orang. Sektor pekerjaan yang menanjak jumlah pekerjanya adalah restoran dan aktivitas sejenis. "Sektor lain yang juga meningkat adalah perdagangan,"kata DSEC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com