Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Ratu Elizabeth Naik "Gaji"

Kompas.com - 27/06/2013, 17:33 WIB


LONDON, KOMPAS.com
 — Ratu Inggris Elizabeth II akan menerima kenaikan gaji sebesar 5 persen setelah Crown Estate —properti milik kerajaan Inggris— dilaporkan mengalami peningkatan keuntungan.

The Sovereign Grant, yang mendanai anggaran pengeluaran Ratu sebagai kepala negara, akan meningkat keuntungannya di tahun 2014 dari 36,1 juta poundsterling atau sekitar Rp 549,6 miliar menjadi 37,89 juta poundsterling atau Rp 577 miliar per tahun.

Dana ini dihitung sebagai presentasi keuntungan dari Crown Estate, termasuk sejumlah properti seperti Windsor Park dan meliputi garis pantai Inggris.

Crown Estate pada Kamis (27/6/2013) mengumumkan peningkatan keuntungan sebesar 5 persen, menjadi 252,6 juta poundsterling atau Rp3,8 triliun.

Di samping untuk pendapatan Ratu Elizabeth II, keuntungan yang diperoleh Crown Estate juga diberikan kepada bendahara negara untuk membantu keuangan negara.

Ketua Crown Estate Sir Stuart Hampson mengatakan keuntungan yang dicapai ''sekali lagi akan menambah kontribusi yang kuat bagi keuangan negara.''

Meski Crown Estate bertanggung jawab atas properti yang dimiliki Kerajaan Inggris, tetapi tidak menjalankan properti yang dimiliki secara pribadi oleh Ratu.

Sebuah analogi yang sering digunakan adalah, Crown Estate adalah versi properti Permata Mahkota, tetapi bukan untuk kepentingan pribadi Ratu.

Kuasai banyak properti

Nilai properti yang masuk dalam Crown Estate sendiri saat ini mencapai angka 8,1 miliar poundsterling atau sekitar Rp123,3 triliun.

Portofolio Crown Estate di kota adalah sebagian besar kawasan West End London, dengan total aset senilai 5,9 miliar poundsterling atau Rp 89,8 triliun.

Di luar London, Crown Estate memiliki 15 taman ritel di sejumlah kota, seperti Liverpool, Swansea, Slough, dan Nottingham.

Mereka juga memiliki pusat perbelanjaan di Worcester, Oxford, dan Exeter termasuk kantor di Birmingham, Manchester, dan Cambridge.

Nilai properti di luar London mencapai 1,6 miliar poundsterling atau Rp 24,3 triliun.

The Crown Estate juga menguasai jalur kabel dan pipa saluran di sepanjang Inggris dan menguasai sekitar 144.000 hektar lahan pertanian dan hutan negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com