Kompas.com - 26/06/2013, 17:37 WIB
EditorErvan Hardoko
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Seorang perempuan penderita asma di kota Muar, wilayah selatan Malaysia, meninggal dunia, dan diduga kematian perempuan bernama Li Cai Ling ini terkait kabut asap yang masih menyelimuti Malaysia.

Harian The Sun, Rabu (26/6/2013), mengabarkan, Li Cai Ling meninggal dunia pada Minggu (23/6). Tim medis setempat yang merawat perempuan itu menuding kabut asap dari Indonesia menjadi penyebab kematiannya.

Polusi udara akibat kabut asap mencapai level membahayakan di sebagian wilayah Malaysia dalam beberapa hari belakangan. Kondisi udara terburuk dalam 16 tahun terakhir ini terutama dialami wilayah selatan Malaysia.

Secara umum kondisi udara di Malaysia sudah lebih baik meski kabut asap masih terlihat di beberapa daerah termasuk di ibu kota Kuala Lumpur.

Masalah kabut asap ini merupakan masalah tahunan yang terjadi di saat musim kemarau tiba. Saat itu angin musim barat meniup asap kebakaran hutan di Sumatera yang terletak tepat di seberang Semenanjung Malaysia dan Singapura.

Menteri Lingkungan Hidup Malaysia berangkat ke Indonesia untuk bertemu dengan rekannya di Indonesia mendikusikan cara terbaik menangani masalah yang sempat memicu perang kata-kata antara Singapura dan Indonesia.

Pada 1997-1998, bencana kabut asap yang cukup parah juga menyelimuti kawasan Asia Tenggara. Saat itu, kabut asap bahkan sampai mengganggu lalu lintas udara dan sejumlah bisnis lain yang mengakibatkan kerugian tak kurang dari 9 miliar dolar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Sumber
    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.