Kompas.com - 25/06/2013, 21:49 WIB
|
EditorErvan Hardoko
JEDDAH, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Selasa (25/6/2013), meminta Rusia agar bersikap tenang dan menyerahkan tersangka pembocor informasi intelijen Edward Snowden.
 
Dalam pernyataan yang dikeluarkannya dalam kunjungan di Arab Saudi, Kerry juga menambahkan, Amerika Serikat tidak ingin berkonfrontasi dengan Rusia terkait masalah ini.

Kerry menegaskan, penyerahan mantan kontraktor yang bekerja untuk Pemerintah AS yang diyakini kini berada di Rusia itu adalah masalah aturan hukum semata.

"Saya hanya meminta ketenangan dan sikap masuk akal dalam masa di mana kita tidak perlu meningkatkan level konfrontasi terhadap sesuatu, yang sejujurnya, sangat mendasar dan normal seperti ini," kata Kerry dalam jumpa pers di Jeddah, Arab Saudi.

"Kami tidak ingin mencari konfrontasi. Kami tidak memerintahkan siapa pun. Kami hanya meminta dengan prosedur yang normal," Kerry menegaskan.

Kerry menjelaskan, Amerika Serikat mengirim pulang tujuh orang yang diminta Pemerintah Rusia selama dua tahun terakhir tanpa banyak keributan dan tanpa banyak argumen.

Lebih jauh Kerry mengatakan, pernyataan Menlu Rusia yang menyatakan kedua negara tidak memiliki perjanjian ekstradisi secara teknis memang benar.

"Kami berharap, sebagai sebuah bangsa berdaulat, Rusia tidak akan melihat masalah ini sebagai kepentingannya dengan memihak seseorang yang dituduh melanggar hukum di negara lain," ujar Kerry.

Edward Snowden melarikan diri ke Hongkong setelah membocorkan operasi penyadapan komunikasi yang dilakukan dinas intelijen AS.

Kini dia diduga kuat berada di Rusia setelah menghilang dalam penerbangan menuju ke Kuba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Rekomendasi untuk anda
    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.