Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Polisi Turki Tangkap 20 Orang

Kompas.com - 25/06/2013, 19:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Operasi kepolisian Turki di Ankara hingga Selasa (25/6/2013) menangkap 20 orang. Menurut warta Kantor Berita Dogan, polisi menuduh mereka yang tertangkap sebagai anggota jaringan terorisme.
VOA Sekitar 40 ribu orang berunjuk rasa di Cologne, Jerman, untuk mendukung demonstran di Turki. Unjuk rasa ini diorganisir oleh Federasi Serikat Alavi Turki di Jerman.

Pihak kepolisian itu mengatakan operasi dilandasi oleh observasi pada unjuk rasa yang berujung kekerasan sejak dua minggu silam. Kala itu, banyak anggota polisi yang diserang peserta demo, khususnya di Ankara. "Kami melakukan operasi di 30 titik lokasi,"kata pernyataan kepolisian tersebut.

Unjuk rasa berawal pada 31 Mei 2013 di Istanbul. Ternyata, demonstrasi itu merebak ke berbagai kota di Turki. Agenda unjuk rasa adalah menentang kepemimpinan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan yang cenderung makin otoriter.

Catatan pemerintah Turki menunjukkan dalam demo itu lima orang tewas termasuk satu orang polisi. Lalu, korban luka mencapai 5.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com