Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tegaskan Tidak Bantu Pelarian Edward Snowden

Kompas.com - 25/06/2013, 16:19 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Pemerintah Rusia, Selasa (25/6/2013), membantah terlibat dalam rencana perjalanan buronan paling diinginkan AS saat ini, Edard Snowden.

Rusia juga balik mengecam Amerika Serikat yang menuding Moskwa membantu pelarian pembocor rahasia intelijen AS itu.

"Kami tak terlibat baik dengan Snowden, hubungannya dengan hukum AS, atau pergerakannya di seluruh dunia," kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dalam sebuah jumpa pers di Moskwa.

"Snowden tidak melintasi perbatasan Rusia. Menyalahkan Rusia terkait menghilangnya Snowden sangat tak berdasar dan tak bisa diterima," Lavrov menegaskan.

Sebelumnya, Pemerintah AS bertekad untuk menjalankan semua saluran yang legal untuk menekan Rusia untuk menolak Edward Snowden, yang diyakini AS berada di Moskwa setelah "menghilang" dalam penerbangan ke Kuba.

Selain mengecam Rusia, Gedung Putih juga menyatakan kekecewaannya terhadap Pemerintah China yang membiarkan Snowden meninggalkan persembunyiannya di Hongkong.

Pernyataan AS ini memicu balasan keras dari China yang mengatakan bahwa tuduhan negeri itu membantu pelarian Snowden merupakan tuduhan yang sama sekali tak berdasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com