Kompas.com - 25/06/2013, 10:07 WIB
EditorKistyarini
KABUL, KOMPAS.com — Taliban mengklaim bertanggung jawab atas penyerangan terhadap Istana Kepresidenan Afganistan di Kabul, Selasa (25/6/2013) pagi.

Pihak Taliban menyatakan, sasaran serangan selain Istana adalah kantor Kementerian Pertahanan serta beberapa gedung yang tidak jauh dari situ.

Seperti diberitakan, sejumlah pria bersenjata menyerang Istana Presiden Afganistan di Kabul, Selasa (25/6/2013) pagi. Kantor berita Reuters melaporkan, sejumlah ledakan dan suara tembakan mengguncang pusat kota ibu kota Afganistan itu, di mana Istana Presiden itu berada.

Wartawan Reuters di Istana itu mengatakan bahwa serangan tersebut dimulai sekitar pukul 06.30 waktu setempat (atau pukul 09.00 WIB) di gerbang timur bangunan Istana.

Tidak diketahui apakah Presiden Afganistan Hamid Karzai berada di dalam gedung itu saat serangan terjadi.

Wartawan BBC melaporkan, para penyerang terlibat baku tembak dengan para pengawal Presiden Afganistan Hamid Karzai. Baku tembak itu juga melibatkan tentara Amerika dari kantor CIA di dekat lokasi.

Pihak keamanan belum bisa memberikan keterangan rinci tentang serangan itu. Kepala Polisi Kota Kabul Mohammad Zahir hanya mengatakan kepada AFP bahwa sedang terjadi serangan militan di pusat Kabul.

Menurut seorang fotografer AFP, serangan itu terjadi di dekat Istana Presiden dan Kementerian Pertahanan, di wilayah kota yang berisi banyak bangunan pemerintah dan kedutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.