Kompas.com - 22/06/2013, 17:47 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Gara-gara tuduhan bekerja sama dengan Israel, dua warga Palestina mendapat hukuman gantung dari Hamas. Eksekusi terhadap keduanya berlangsung Sabtu (22/6/2013), dini hari.

Hamas yang kini berkuasa di Palestina mendakwa keduanya sebagai informan untuk Israel. Kedua warga itu berjenis kelamin laki-laki dan masing-masing berumur 43 dan 49 tahun. "Keduanya juga didakwa melakukan pembunuhan," kata pernyataan Kementerian Dalam Negeri Palestina di Kota Gaza.


Pada Maret silam, Hamas meluncurkan kebijakan melawan warga yang bekerja sama dengan Israel. Selama dua bulan sejak Maret, Hamas juga melancarkan kampanye amnesti bagi warga Palestina yang pernah bekerja sama dengan Israel. Terhitung sejak 2007, ada 16 warga Palestina dieksekusi Hamas lantaran berkongkalikong dengan Israel.

Sementara itu, menurut warta AP,  Israel acap melancarkan serangan ke Palestina berdasarkan informasi dari warga Palestina yang mau bekerja sama. Namun, Israel pun sering mendapatkan informasi salah. Akibatnya, serangan bersenjata Israel justru menewaskan banyak warga sipil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.