Kompas.com - 19/06/2013, 19:31 WIB
EditorErvan Hardoko

MOGADISHU, KOMPAS.com — Pemberontak Somalia yang terkait dengan kelompok militan Al-Shabab menyerang kompleks perkantoran PBB di Mogadishu, Rabu (19/6/2013).

Serangan yang menewaskan tiga orang warga sipil itu merupakan serangan paling serius terhadap fasilitas PBB di Somalia dalam beberapa tahun terakhir.

Sejauh ini belum diperoleh kabar adanya korban dari pihak PBB, meski kelompok miiltan Al-Shabab mengaku telah menewaskan beberapa warga asing dalam serangan di siang hari itu.

"Situasi sudah dapat dikendalikan saat ini. Pasukan Somalia dan Uni Afrika menyerbu kompleks PBB dan menewaskan penyerang," kata seorang perwira polisi Somalia, Abdullahi Osman.

Seorang sumber PBB di Nairobi, Kenya, mengatakan semua staf PBB berada di dalam "ruang aman" di dalam kompleks perkantoran itu.

"Kami menegaskan tiga orang tewas dan enam orang terluka di luar kompleks PBB. Korban tewas adalah warga sipil yang terjebak baku tembak," lanjut Osman.

Misi Bantuan PBB di Somalia (UNISOM) dalam pernyataannya mengatakan, kompleks yang ditempati badan-badan kemanusiaan PBB itu mendapat serangan mendadak dari kelompok Al-Shabab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para penyerang menggunakan bom mobil dan pengebom bunuh diri untuk membuka jalan masuk ke dalam kompleks yang dilindungi benteng sangat kuat itu.

Radio Mogadishu melaporkan, serangan militan terjadi setelah seorang pengebom bunuh diri meledakkan bahan peledak yang dibawanya di pintu gerbang kompleks PBB.

Kompleks PBB yang di dalamnya terdapat perkantoran dan perumahan staf itu terletak tak jauh dari zona bandar udara, tempat pasukan Uni Afrika bermarkas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.