Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miiltan Serang Kompleks PBB di Mogadishu, 3 Tewas

Kompas.com - 19/06/2013, 19:31 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com — Pemberontak Somalia yang terkait dengan kelompok militan Al-Shabab menyerang kompleks perkantoran PBB di Mogadishu, Rabu (19/6/2013).

Serangan yang menewaskan tiga orang warga sipil itu merupakan serangan paling serius terhadap fasilitas PBB di Somalia dalam beberapa tahun terakhir.

Sejauh ini belum diperoleh kabar adanya korban dari pihak PBB, meski kelompok miiltan Al-Shabab mengaku telah menewaskan beberapa warga asing dalam serangan di siang hari itu.

"Situasi sudah dapat dikendalikan saat ini. Pasukan Somalia dan Uni Afrika menyerbu kompleks PBB dan menewaskan penyerang," kata seorang perwira polisi Somalia, Abdullahi Osman.

Seorang sumber PBB di Nairobi, Kenya, mengatakan semua staf PBB berada di dalam "ruang aman" di dalam kompleks perkantoran itu.

"Kami menegaskan tiga orang tewas dan enam orang terluka di luar kompleks PBB. Korban tewas adalah warga sipil yang terjebak baku tembak," lanjut Osman.

Misi Bantuan PBB di Somalia (UNISOM) dalam pernyataannya mengatakan, kompleks yang ditempati badan-badan kemanusiaan PBB itu mendapat serangan mendadak dari kelompok Al-Shabab.

Para penyerang menggunakan bom mobil dan pengebom bunuh diri untuk membuka jalan masuk ke dalam kompleks yang dilindungi benteng sangat kuat itu.

Radio Mogadishu melaporkan, serangan militan terjadi setelah seorang pengebom bunuh diri meledakkan bahan peledak yang dibawanya di pintu gerbang kompleks PBB.

Kompleks PBB yang di dalamnya terdapat perkantoran dan perumahan staf itu terletak tak jauh dari zona bandar udara, tempat pasukan Uni Afrika bermarkas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com