Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Serang Pangkalan AU Bagram, 4 Prajurit AS Tewas

Kompas.com - 19/06/2013, 14:41 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Kelompok Taliban, Rabu (19/6/2013), mengklaim bertanggung jawab atas serangan mematikan di pangkalan militer Bagram yang menewaskan empat orang prajurit AS.

Serangan roket yang terjadi Selasa (18/6/2013) di pangkalan terbesar AS di sebelah utara Kabul itu terjadi hanya beberapa jam setelah Washington mengungkapkan niatnya untuk berunding dengan Taliban untuk mengakhiri perang yang sudah terjadi selama lebih dari satu dekade ini.

Serangan Taliban ini juga menjadi pertanda bagi Washington dan Kabul bahwa potensi pemberontakan militan Islam di Afganistan masih cukup besar dan terbukti mampu menyerang target-target penting.

"Semalam (Senin) dua roket besar menghantam pangkalan AU Bagram," kata Juru Bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, kepada AFP lewat telepon.

"Empat prajurit AS tewas dan enam lainnya luka. Tembakan roket juga mengakibatkan kebakaran besar," tambah Mujahid.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan AS membenarkan empat prajurit AS tewas dalam insiden itu. Namun, dia enggan memberi keterangan lebih lanjut.

Taliban memutus kontak dengan Amerika Serikat tahun lalu dan selalu menolak ajakan berunding dari Kabul. Pada Selasa, Taliban membuka kantor perwakilan di Qatar.

Meski tidak secara langsung mengatakan ingin membicarakan kemungkinan perdamaian, Taliban mengutarakan pembukaan perwakilannya di Qatar adalah untuk mempermudah dialog antara Taliban dan dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com