Kompas.com - 18/06/2013, 22:23 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com — Dua serangan bom bunuh diri menghantam sebuah pusat keagamaan Syiah di Baghdad, Irak, Selasa (18/6/2013), bertepatan saat umat Syiah sedang melaksanakan shalat.

Akibat serangan bom ini, 31 orang tewas, termasuk sejumlah pelajar dari sebuah universitas di dekat lokasi ledakan. Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang mengaku mendalangi serangan maut tersebut.

Serangan bom ini terjadi di pusat keagamaan Syiah, Habib Ibn al-Mudhaher Husseiniyah di wilayah utara Baghdad. Bangunan ini berada di dekat Universitas Imam al-Sadiq, sebuah lembaga pendidikan swasta.

"Apa dosa para mahasiswa ini? Mereka datang untuk berdoa. Apakah ada agama yang memperbolehkan membunuh orang tak berdosa?" kata Mustafa Kamil, seorang mahasiswa sambil menangis.

Sejumlah saksi mengatakan, pelaku bom bunuh diri yang mengenakan setelan jas memulai aksinya dengan menembak mati penjaga pusat keagamaan Syiah.

Tak lama kemudian pelaku bom bunuh diri pertama meledakkan dirinya di pintu masuk gedung. Di tengah kekacauan, penyerang kedua menyelinap masuk ke dalam gedung dan meledakkan diri.

Sejak awal tahun ini, tingkat kekerasan di Irak terus meningkat. Sejumlah kalangan khawatir aksi kekerasan ini akan kembali membawa Irak ke dalam konflik sektarian seperti terjadi pada 2006 dan 2007.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.