Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Ganda di Pusat Syiah Baghdad, 31 Tewas

Kompas.com - 18/06/2013, 22:23 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Dua serangan bom bunuh diri menghantam sebuah pusat keagamaan Syiah di Baghdad, Irak, Selasa (18/6/2013), bertepatan saat umat Syiah sedang melaksanakan shalat.

Akibat serangan bom ini, 31 orang tewas, termasuk sejumlah pelajar dari sebuah universitas di dekat lokasi ledakan. Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang mengaku mendalangi serangan maut tersebut.

Serangan bom ini terjadi di pusat keagamaan Syiah, Habib Ibn al-Mudhaher Husseiniyah di wilayah utara Baghdad. Bangunan ini berada di dekat Universitas Imam al-Sadiq, sebuah lembaga pendidikan swasta.

"Apa dosa para mahasiswa ini? Mereka datang untuk berdoa. Apakah ada agama yang memperbolehkan membunuh orang tak berdosa?" kata Mustafa Kamil, seorang mahasiswa sambil menangis.

Sejumlah saksi mengatakan, pelaku bom bunuh diri yang mengenakan setelan jas memulai aksinya dengan menembak mati penjaga pusat keagamaan Syiah.

Tak lama kemudian pelaku bom bunuh diri pertama meledakkan dirinya di pintu masuk gedung. Di tengah kekacauan, penyerang kedua menyelinap masuk ke dalam gedung dan meledakkan diri.

Sejak awal tahun ini, tingkat kekerasan di Irak terus meningkat. Sejumlah kalangan khawatir aksi kekerasan ini akan kembali membawa Irak ke dalam konflik sektarian seperti terjadi pada 2006 dan 2007.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com