Ahmadinejad dan Rohani Bertemu untuk Kali Pertama

Kompas.com - 18/06/2013, 19:27 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran yang akan segera lengser, Mahmoud Ahmadinejad bertemu dengan penggantinya Hassan Rohani, Selasa (18/6/2013), untuk pertama kali sejak ulama moderat itu dipastikan memenangi pemilihan presiden.

Rohani (64), yang dijadwalkan resmi menjabat presiden pada 3 Agustus mendatang, menang telak dalam pemilihan presiden pekan lalu.

"Kedua tokoh ini membicarakan masalah politik dan ekonomi Iran," demikian laporan televisi Pemerintah Iran.

Kantor kepresidenan Iran menerbitkan foto kedua tokoh itu tengah tersenyum lebar sambil berjabat tangah dengan hangat.

Ahmadinejad, yang selama masa pemerintahannya dipenuhi retorika dan isolasi dari dunia internasional, mengatakan, pemerintahannya siap untuk membuat masa transisi ini mudah bagi presiden baru.

Sebelumnya, Rohani berjanji akan berusaha memperbaiki hubungan buruk antara Iran dan dunia internasional terkait program nuklir yang dicurigai Barat sebagai upaya Iran membangun persenjataan nuklir.

Akibatnya, Iran menanggung sanksi ekonomi internasional yang mengakibatkan negeri itu kehilangan pendapatan miliaran dollar AS dari sektor migas dan investasi asing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, Iran kini berkutat dengan angka inflasi yang melangit, jumlah penganggur tinggi, dan merosotnya nilai tukar mata uang riyal.

Sejumlah analis mengatakan, kemerosotan perekonomian Iran sebagian disebabkan kesalahan manajemen yang dilakukan pemerintahan Ahmadinejad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.