Kompas.com - 18/06/2013, 18:41 WIB
|
EditorFarid Assifa

KOLOKA, KOMPAS.com - Lebih dari 30 rumah warga di Kolaka Sulawesi Tenggara terendam banjir bandang setinggi sekitar lima meter. Sebagian di antaranya rata dengan tanah, terutama rumah yang berada di bantaran sungai.

"(Banjir, red) datang tiba-tiba pak sehingga kami tidak ada kesempatan untuk menyelamatkan harta benda," ucap Murni, Selasa (18/6/2013).

Murni menambahkan, bencana itu berlangsung begitu cepat saat hujan sedang melanda Kolaka.

"Kalau hujan yang turun itu tidak terlalu deras pak. Tapi yang deras itu arus sungainya. Bapak bisa melihat sendiri saat ini, hujannya sudah reda tapi arus sungai begitu ngeri untuk dilihat. Saya tidak bisa selamatkan harta benda, tidak ada lagi pikiran untuk menyelamatkan itu. Saya hanya berpikir bagaimana saya bisa selamat," tambahnya.

Sebagian warga yang panik berlarian menyelamatkan diri menuju jembatan gantung yang ada di sekitar sungai. Hal itu juga untuk menghindari banjir susulan yang bisa datang kapan saja.

"Kami lari ke sini pak karena takut kalau banjir susulan akan datang kembali. Hanya barang-barang yang terapung dan terdampar saja yang bisa kami selamatkan. Kalau yang lain tidak sempat lagi," jelas Murni.

Saat ini diperkirakan puluhan warga kehilangan tempat tinggal akibat rumah mereka rusak parah diterjang banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka belum bisa memberi keterangan resmi terkait bencana ini. Pasalnya mereka mengakui masih melakukan pendataan di lapangan dan sedang mempersiapkan tempat pengungsian bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bencana ini sediri dipicu air bah yang menghantam bendungan sungai Balandete hingga jebol. Air bah tersebut menyapu rumah-rumah warga yang ada di bantaran sungai. Belum ada laporan mengenai korban jiwa, namun kerugian material ditaksir ratusan juta rupiah.

Hingga berita ini diturunkan, para warga korban banjir masih sibuk mencari sisa-sisa harta benda mereka yang bisa diselamatkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.