Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT G-8 Tuntaskan Tiga Agenda

Kompas.com - 18/06/2013, 18:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Hari kedua atau hari terakhir Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Maju (KTT G-8) menuntaskan tiga agenda, yakni soal pajak, transparansi, dan antiterorisme. Pertemuan itu dihelat di Lough Erne, Irlandia Utara, tulis AP pada Selasa (18/6/2013).

Kemarin pagi, isu Suriah juga menjadi salah satu agenda pembicaraan. Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Barack Obama mendiskusikan masalah itu bahkan hingga jamuan makan malam. Meski memiliki pandangan berbeda soal Suriah, baik Putin dan Obama, setuju mendesak pembicaraan tingkat tinggi soal Suriah di Geneva, Swiss.

Dalam kesempatan itu, AS memang mengumumkan bakal mempersenjatai kelompok oposisi Suriah. Syaratnya, ada bukti mengemuka soal penggunaan senjata kimia oleh rezim Presiden Bashar al-Assad. "Diskusi soal Suriah memberikan semangat baru," kata Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Soal pajak, Cameron mengatakan, pihaknya terus mencari perjanjian agar Inggris makin mendapat informasi soal pajak di Bermuda, Kepulauan Cayman, dan sebagainya. Sementara sesi antiterorisme menjadi pembahasan pada Selasa pagi ini. Hal penting lainnya dalam KTT G-8 adalah negosiasi resmi soal perjanjian perdagangan bebas antara Uni Eropa (UE) dan AS.

Pelaksanaan KTT G-8 di Lough Erne berada dalam pengawasan pengamanan ketat. Inggris mengerahkan sekitar 8.000 polisi di lokasi pertemuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com