Kompas.com - 18/06/2013, 18:11 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Hari kedua atau hari terakhir Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Maju (KTT G-8) menuntaskan tiga agenda, yakni soal pajak, transparansi, dan antiterorisme. Pertemuan itu dihelat di Lough Erne, Irlandia Utara, tulis AP pada Selasa (18/6/2013).

Kemarin pagi, isu Suriah juga menjadi salah satu agenda pembicaraan. Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Barack Obama mendiskusikan masalah itu bahkan hingga jamuan makan malam. Meski memiliki pandangan berbeda soal Suriah, baik Putin dan Obama, setuju mendesak pembicaraan tingkat tinggi soal Suriah di Geneva, Swiss.

Dalam kesempatan itu, AS memang mengumumkan bakal mempersenjatai kelompok oposisi Suriah. Syaratnya, ada bukti mengemuka soal penggunaan senjata kimia oleh rezim Presiden Bashar al-Assad. "Diskusi soal Suriah memberikan semangat baru," kata Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Soal pajak, Cameron mengatakan, pihaknya terus mencari perjanjian agar Inggris makin mendapat informasi soal pajak di Bermuda, Kepulauan Cayman, dan sebagainya. Sementara sesi antiterorisme menjadi pembahasan pada Selasa pagi ini. Hal penting lainnya dalam KTT G-8 adalah negosiasi resmi soal perjanjian perdagangan bebas antara Uni Eropa (UE) dan AS.

Pelaksanaan KTT G-8 di Lough Erne berada dalam pengawasan pengamanan ketat. Inggris mengerahkan sekitar 8.000 polisi di lokasi pertemuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.