Kompas.com - 18/06/2013, 17:43 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com — Pemerintah Afganistan akan mengirim tim perunding ke Qatar untuk melakukan pembicaraan damai dengan Taliban. Demikian penjelasan Presiden Afganistan Hamid Karzai, Selasa (18/6/2013).

"Dewan Perdamaian Afganistan akan berangkat ke Qatar untuk mendiskusikan perdamaian dengan Taliban," kata Karzai merujuk kepada sebuah dewan bentukan pemerintah pada akhir 2010.

"Saya berharap saudara kami, Taliban, bisa memahami bahwa proses perdamaian akan datang ke negeri kita dalam waktu dekat," tambah Karzai.

Lebih jauh Karzai menjelaskan, telah disusun tiga prinsip utama untuk mengarahkan jalannya diskusi di Qatar.

Ketiga prinsip dasar itu adalah pembicaraan damai harus segera dipindahkan ke Afganistan, pembicaraan itu harus mengakhiri kekerasan di Afganistan, dan pembicaraan ini tak boleh menjadi alat eksploitasi negara ketiga terhadap Afganistan.

Bulan lalu, Karzai menyerukan agar Taliban ikut membantu memerangi musuh Afganistan yang oleh banyak kalangan diarahkan terhadap Pakistan.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Pakistan yang ikut membantu Taliban mengambil alih kekuasaan di Afganistan pada 1990-an.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak pemimpin Afganistan yang meyakini Pakistan masih membantu sejumlah kelompok militan Afganistan karena menganggap mereka sebagai alat untuk melawan pengaruh India di Afganistan.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.