Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Resmi Serahkan Keamanan ke Militer Afganistan

Kompas.com - 18/06/2013, 15:52 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Presiden Afganistan Hamid Karzai, Selasa (18/6/2013), mengumumkan penyerahan keamanan negeri itu dari tangan NATO kepada pasukan keamanan Afganistan.

Pengumuman Karzai ini merupakan babak baru dari perang melawan militan yang dikomandoi Amerika Serikat setelah berlangsung selama 12 tahun.

"Mulai besok (Rabu), pasukan keamanan dan militer kami akan menjadi pemimpin," kata Karzai.

"Dari sini, semua tanggung jawab keamanan dan ujung tombak kepemimpinan akan diambil alih pasukan kami yang gagah berani," tambah Karzai.

Sementara itu, Sekjen NATO Jenderal Anders Fogh Rasmussen mengatakan, pasukan Afganistan kini akan mengambil alih semua tanggung jawab keamanan dari pasukan NATO.

"Mereka (pasukan Afganistan) sudah melakukan kerja hebat. Mereka layak mendapatkan dukungan penuh rakyat Afganistan," ujar Rasmussen.

Penyerahan 95 distrik terakhir dari NATO ke kendali pasukan Afganistan termasuk kawasan di selatan dan timur, di mana Taliban memusatkan pemberontakan terhadap Pemerintah Afganistan yang didukung sejak 2001.

Setelah penyerahan tanggung jawab ini, 100.000 pasukan NATO yang masih ada saat ini akan memainkan peran sebagai pasukan pendukung dan penyedia pelatihan. Sementara itu, pemimpin operasi sehari-hari ada di tangan militer dan kepolisian Afganistan.

Namun, pemindahan kendali keamanan ke tangan pasukan Afganistan bukannya tanpa keraguan. Banyak kalangan meragukan kemampuan 350.000 personel militer Afganistan untuk mengatasi pemberontakan Taliban.

Oleh karena itu, diperkirakan pasukan NATO masih akan memegang peran penting, khususnya dalam penyediaan logistik dan bantuan serangan udara, bahkan ikut bertempur jika diminta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com