Kompas.com - 18/06/2013, 15:52 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com — Presiden Afganistan Hamid Karzai, Selasa (18/6/2013), mengumumkan penyerahan keamanan negeri itu dari tangan NATO kepada pasukan keamanan Afganistan.

Pengumuman Karzai ini merupakan babak baru dari perang melawan militan yang dikomandoi Amerika Serikat setelah berlangsung selama 12 tahun.

"Mulai besok (Rabu), pasukan keamanan dan militer kami akan menjadi pemimpin," kata Karzai.

"Dari sini, semua tanggung jawab keamanan dan ujung tombak kepemimpinan akan diambil alih pasukan kami yang gagah berani," tambah Karzai.

Sementara itu, Sekjen NATO Jenderal Anders Fogh Rasmussen mengatakan, pasukan Afganistan kini akan mengambil alih semua tanggung jawab keamanan dari pasukan NATO.

"Mereka (pasukan Afganistan) sudah melakukan kerja hebat. Mereka layak mendapatkan dukungan penuh rakyat Afganistan," ujar Rasmussen.

Penyerahan 95 distrik terakhir dari NATO ke kendali pasukan Afganistan termasuk kawasan di selatan dan timur, di mana Taliban memusatkan pemberontakan terhadap Pemerintah Afganistan yang didukung sejak 2001.

Setelah penyerahan tanggung jawab ini, 100.000 pasukan NATO yang masih ada saat ini akan memainkan peran sebagai pasukan pendukung dan penyedia pelatihan. Sementara itu, pemimpin operasi sehari-hari ada di tangan militer dan kepolisian Afganistan.

Namun, pemindahan kendali keamanan ke tangan pasukan Afganistan bukannya tanpa keraguan. Banyak kalangan meragukan kemampuan 350.000 personel militer Afganistan untuk mengatasi pemberontakan Taliban.

Oleh karena itu, diperkirakan pasukan NATO masih akan memegang peran penting, khususnya dalam penyediaan logistik dan bantuan serangan udara, bahkan ikut bertempur jika diminta.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X