Kompas.com - 18/06/2013, 14:03 WIB
EditorEgidius Patnistik

Samoa Air, maskapai penerbangan pertama di dunia yang menetapkan harga menurut berat badan orang, akan membuka 'kelas XL' untuk penumpang yang memiliki tubuh besar.

Maskapai penerbangan tersebut memodifikasi pesawatnya untuk orang-orang dengan berat badan di atas 130 kilogram.

CEO Samoa Air, Chris Langton, mengatakan kepada Radio Australia pihaknya telah memodifikasi satu deret tempat duduk di pesawat dan menambah satu jalur untuk memberi akses lebih mudah. "Kami tidak mempunyai armada yang besar, tapi kami ingin melakukan sesuatu yang menunjukkan bahwa kami memikirkan hal ini."

Langton mengatakan, sederetan tempat duduk telah diperbesar 30-35 sentimeter dan seluruh armada akan dimodifikasi sebelum akhir minggu ini.

Ia berharap, maskapai penerbangan lain akan melakukan modifikasi untuk mengakomodasi bentuk tubuh penumpang.

Sebelumnya tahun ini Samoa Air memberlakukan sistem booking dengan 'harga menurut berat badan', yang mengharuskan penumpang memberitahukan berat badan mereka pada sistem reservation online, dimana harga tiket mereka kemudian dihitung.

Harga mencakup berat badan penumpang dan bagasi.  Maskapai penerbangan itu mengatakan, kebijakan tersebut sudah diterima dan terbukti sukses di kalangan penumpang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Samoa Air mulai terbang di dalam wilayah Samoa di tahun 2012 dan kini terbang ke negara-negara pulau di Pasifik.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.