Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Pemain Dihukum karena Bunuh Hakim Garis

Kompas.com - 18/06/2013, 08:28 WIB
Pieter P Gero

Penulis

AMSTERDAM, KOMPAS.COM Pengadilan Belanda, Senin (17/6/2013), menjatuhkan hukuman atas enam pemain sepak bola remaja dan ayah dari salah seorang pemain tadi karena dituduh membantai hingga tewas seorang hakim garis sukarelawan dalam sebuah pertandingan sepak bola remaja, Desember lalu.

Hakim garis ini dilaporkan diserang dan diinjak-dinjak saat terjatuh ke tanah. Aksi brutal itu mengguncang kalangan pencinta sepak bola di negeri itu. Kantor berita AP melaporkan, hakim pengadilan di Lelystad menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara kepada pria berusia 50 tahun. Pria ini merupakan orangtua dari salah seorang pemain remaja yang ikut membantai hakim garis naas tersebut.

Sementara itu, terhadap lima pemain remaja, hakim menjatuhkan hukuman dua tahun penjara. Seorang pemain dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena ikut terlibat dalam serangan itu.

Seorang pemain sepak bola remaja yang ketujuh, yang berusia 15 tahun, dijatuhi penahanan 30 hari karena ikut menyerang.

Aksi brutal yang berakhir dengan kematian ini terjadi pada 2 Desember di Almere, Belanda, setelah tim tuan rumah Buitenboys bermain seri 2-2 melawan Nieuw Sloten. Tim tuan rumah ini sebagian besar dari kalangan imigran yang tempat tinggalnya bertetangga dengan Amsterdam. Mereka diduga kesal dengan hakim garis itu, kemudian menyerangnya sehingga korban terjatuh ke tanah lalu menginjak-injak dan menendangnya sampai mati. Nama hakim garis naas tersebut tidak disebutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com