Kompas.com - 17/06/2013, 20:18 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com — Kelompok Hezbollah Lebanon dikabarkan tengah melatih 80.000 orang sebagai persiapan untuk merebut kota Aleppo, yang kini masih dikuasai pemberontak Suriah.

Menurut laporan harian The Sunday Times, seorang komandan Hezbollah mengatakan, para pejuang anggota Pasukan Pertahanan Nasional Suriah (NDF) sudah dilatih cara bertempur "dari jalan ke jalan".

Harian ini menambahkan, selain anggota Hezbollah, sejumlah anggota Garda Revolusi Iran juga memberi pelatihan militer.

Seorang komandan Hezbollah mengatakan, organisasi itu tidak akan mengerahkan pejuangnya ke Aleppo. Hezbollah, kata komandan itu, hanya akan menyediakan dukungan taktik untuk pasukan yang loyal kepada Presiden Bashar al-Assad.

"Pertempuran Aleppo akan dilakukan pejuang NDF dan pasukan Suriah. Hezbollah hanya menyediakan supervisi dan nasihat taktik dan bagaimana cara koordinasi dan melakukan serangan," kata seorang komandan Hezbollah seperti dikutip Sunday Times.

"Hezbollah hanya memberikan para komandan dan pakar taktiknya untuk merencanakan serangan bersama para komandan militer Suriah," tambah dia.

Serangan ke Aleppo bertujuan untuk memukul mundur pemberontak yang selama ini menguasai kota terbesar kedua di Suriah itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awal bulan ini, pasukan Al-Assad berhasil merebut kota Qusayr yang strategis dari tangan pemberontak setelah mendapat bantuan dari milisi Hezbollah.

Alhasil, merebut kembali Aleppo diyakini akan semakin memperkuat posisi pasukan dan menambah kesan bahwa Assad memenangkan perang.


 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.