Kompas.com - 17/06/2013, 20:02 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran terpilih Hassan Rohani, menjanjikan perubahan yang diinginkan warga Iran setelah delapan tahun diperintah kelompok konservatif.

Dalam salah satu langkahnya setelah disahkan sebagai pemenang pemilihan presiden, Rohani menemui pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, sebelum menuju ke makam pendiri Republik Islam Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini untuk memberikan penghormatan.

Lalu, di depan para pendukungnya, Rohani menyampaikan janji perubahannya yang selama berada di bawah kepemimpinan Mahmoud Ahmadinejad harus hidup dalam kesulitan ekonomi akibat sanksi internasional untuk mendesak Iran menghentikan program nuklirnya.

"Ini adalah awal dari sebuah langkah yang akan membawa perubahan yang diinginkan rakyat di bidang ekonomi, budaya, sosial, dan politik," kata Rohani seperti dikutip kantor berita ISNA.

Namun, Rohani mengingatkan, perubahan yang dijanjikannya tak bisa terwujud dalam satu malam.

Oleh karena itu, Rohani menyerukan agar parlemen yang didominasi politisi konservatif memperbaiki kerja sama dengan pemerintah, setelah hubungan yang buruk selama masa pemerintahan Ahmadinejad.

Dalam janji kampanyenya, Rohani akan fokus untuk berhubungan kembali dengan Barat terkait program nuklir Iran, sementara di dalam negeri, Rohani akan membentuk kabinet yang berisi politisi moderat dan teknokrat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rohani juga berjanji pemerintah akan lebih memperhatikan rakyat miskin negeri itu yang hidupnya semakin sulit akibat sanksi ekonomi internasional.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.