Kompas.com - 17/06/2013, 19:05 WIB
EditorErvan Hardoko

PRETORIA, KOMPAS.com — Istri Nelson Mandela, Graca Machel, mengucapkan terima kasih kepada ribuan orang di seluruh dunia yang mendoakan mantan presiden Afsel itu selama dirawat di rumah sakit.

Dia mengatakan, pesan-pesan yang diterima telah meringankan "beban kegelisahan" dan membawa "cinta, ketenangan, dan harapan".

"Ucapan terima kasih sulit untuk diungkapkan," tambah istri ketiga Mandela ini yang dinikahi ketika mantan presiden Afrika Selatan tersebut berulang tahun ke-80.

Machel mengatakan dalam pernyataan resminya bahwa "dunia sudah berdiri bersama dia (Mandela) dan mendukung pemulihannya".

Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan ini untuk ketiga kalinya dirawat di rumah sakit sejak 8 Juni karena infeksi paru-paru dan menjadi keprihatinan rakyat Afrika Selatan dan warga dunia lainnya. 

Sejak dirawat, Machel selalu mendampinginya di rumah sakit.

Mulai pulih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mulai pulih, tetapi kondisinya tetap masih serius dan tetap berada di ruang perawatan intensif, seperti dijelaskan Presiden Jacob Zuma.

Pada Minggu (16/6/2013) —yang bertepatan dengan Hari Ayah— Presiden Zuma juga meminta warga Afrika Selatan mengucapkan selamat kepada Mandela, yang dipanggil "Madiba" oleh rakyat Afrika Selatan.

Pada usia 94 tahun, Madiba mewarisi gangguan pernafasan yang berasal dari TBC yang diidapnya pada tahun 1980-an ketika masih mendekam di penjara Robben Island.

Setelah tidak menjabat sebagai presiden, dia masih aktif dalam berbagai upaya perdamaian dunia, tetapi tahun 2004 dia menyatakan mundur dari kehidupan umum dan sudah jarang terlihat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.