Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tahanan Palestina Mogok Makan

Kompas.com - 17/06/2013, 18:39 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Delapan tahanan Palestina di penjara Israel melakukan aksi mogok makan sejak Senin (17/6/2013). Aksi itu merupakan upaya untuk mengakhiri penerapan sistem kurungan tersendiri di penjara tersebut.

Adalah organisasi hak asasi manusia Palestina bernama Klub Tahanan Palestina (PPC) yang menyuarakan keprihatinan itu dari Ramallah. Delapan tahanan itu adalah penghuni Penjara Rimonim. Mereka menyerukan agar Pelayanan Penjara Israel mengeluarkan mereka dari kurungan tersendiri itu dan memindahkan mereka ke penjara lain.

PPC juga mengatakan bahwa selain para tahanan Palestina itu masih ada lima orang Jordania di situ yang sudah melakukan mogok makan hampir dua minggu lamanya. Mereka menuntut pihak Israel untuk memberikan hak mendapat kunjungan dari sanak saudara.

Sampai kini, ada 4.700 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel. Tahun lalu, Israel membebaskan beberapa tahanan Palestina lantaran mereka melakukan mogok makan begitu lama.

Sementara itu, pada Senin ini, tulis AP, tentara Israel menangkap 12 orang Palestina di berbagai operasi di Tepi Barat dan perbatasan Israel di Jalur Gaza. Rinciannya, empat warga Palestina ditangkap saat mencoba masuk secara ilegal ke Israel dari Gaza. Lalu, sisanya, ditangkap tentara Israel di Nablus dan Bethlehem.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com