Kompas.com - 17/06/2013, 18:03 WIB
EditorFarid Assifa

BOYOLALI, KOMPAS.com - Banjir setelah hujan deras sejak Minggu malam hingga pagi tadi telah menyebabkan dua jembatan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, terputus, satu rumah hanyut dan dua rumah lainnya roboh.

Jembatan Kliyo di atas Sungai Serang di Desa Bojong, Kecamatan Wonosegoro yang panjangnya sekitar 30 meter dan lebar tiga meter terputus sekitar pukul 03.00 WIB Senin (17/6/2013) pagi, kata Wagimin (45), warga yang tinggal tidak jauh dari jembatan itu.

Wagimin mengaku mendengar suara gemuruh ketika jembatan itu putus terbawa banjir bandang.

Warga lainnya, Gatot Madiyo (40) mengatakan, Jembatan Kliyo merupakan satu-satunya akses jalan warga Desa Bojong ke pusat Kecamatan Wonosegoro.

Oleh karena itu, warga berharap Pemkab Boyolali segera dapat segera membangun jembatan yang terputus tersebut.

"Warga dan anak-anak sekolah akan kesulitan keluar desa. Mereka harus memutar melalui daerah Desa Guwo, Kecamatan Kemusu baru ke Wonosegoro," katanya.

Camat Wonosegoro, Karyono Utomo menjelaskan, banjir bandang di sungai Serang juga menyebabkan akses jalan di Desa Bolo, Kecamatan Wonosegoro juga terputus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kata dia, banjir juga merendam lahan tanaman jagung di sepanjang bantaran Sungai Serang di Desa Bolo. Banyak tanaman jagung hanyut terbawa banjir.

Bandang juga mengakibatkan satu jembatan lainnya di Dukuh Guwo, Desa Guwo Kecamatan Kemusu, Boyolali, terputus. Bahkan, banjir menyebabkan satu rumah warga hanyut dan dua rumah warga roboh di Dusun Mpuyon, Desa Kemusu.

Menurut Camat Kemusu Widodo, banjir bandang selain menyebabkan jembatan putus, rumah warga hanyut, dan roboh, juga mengakibatkan puluhan hektar tanaman warga di sepanjang bantaran sungai Serang ikut hanyut.

"Kami belum dapat perkirakan jumlah kerugian, tetapi diprediksi ada puluhan hektar lahan pertanian yang rusak," katanya.

Pihaknya sedang melakukan pendataan rumah warga dan lahan pertanian yang rusak akibat diterjang banjir bandang untuk dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Boyolali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.