Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Gezi, Polisi Turki Tangkap Warga Rusia dan Iran

Kompas.com - 17/06/2013, 16:50 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Polisi Turki menangkap juga seorang warga Rusia dan seorang warga Iran saat pengunjuk rasa berdemo di Lapangan Gezi, Ankara, sepanjang Minggu (16/6/2013) kemarin. Anatolia mewartakan hal itu pada Senin (17/6/2013). Total jumlah yang ditangkap dalam kejadian itu ada 105 pengunjuk rasa.

Pihak kepolisian mengatakan pemrotes yang tertangkap dibawa ke kantor polisi Ankara. "Mereka akan dimintai keterangan,"kata pihak kepolisian.

Unjuk rasa di Taman Gezi memang berujung ricuh. Polisi yang melepaskan gas air mata dan peluru air mendapat balasan lemparan batu pengunjuk rasa. Pengunjuk rasa kocar-kacir lantaran serangan polisi. Mereka berlarian ke Jalan Tunal Hilmi dan Tunus.

Sementara itu, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan menegaskan akan memberi hukuman berat kepada pihak-pihak yang memprovokasi unjuk rasa. Menurut undang-undang Turki, masa tahanan sementara sekitar 18 hari untuk para provokator. "Kami juga akan mengecek media-media sosial untuk mencari para penghasut,"kata Erdogan.

Sampai kini, Lapangan Gezi sudah relatif lengang. Aparat pemerintah sudah membersihkan lapangan itu dari sampah-sampah dan kerusakan taman. Petugas terkait juga sudah mulai menanam bunga-bunga di taman itu.

Hingga sekarang, polisi sudah mengerahkan seribu pasukan polisi antihuru-hara tambahan untuk mengamankan Istanbul dari makin meluasnya demonstrasi. Catatan termutakhir menunjukkan kisruh di Turki sejak dua minggu silam sudah menewaskan lima orang termasuk satu orang polisi. Insiden kekerasan itu pun sudah melukai 5.000 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com