Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama dan Putin Bicarakan Suriah di KTT G-8

Kompas.com - 17/06/2013, 15:01 WIB

BELFAST, KOMPAS.com — Para pemimpin negara-negara G-8, Senin (17/6/2013), akan memulai konferensi tingkat tinggi di Irlandia Utara dengan salah satu agenda utama mendesak Rusia mencabut dukungannya untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Perdana Menteri Inggris David Cameron, yang menjadi tuan rumah pertemuan negeri-negeri industri ini, menekankan, dia bisa mengatasi perbedaan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin setelah mereka melakukan pertemuan sebelum KTT G-8 dibuka.

Di sela-sela konferensi, Putin dijadwalkan melakukan pembicaraan dengan Presiden AS Barack Obama, yang disebut-sebut sebagai sebuah pembicaraan sulit, karena kedua negara kini menawarkan bantuan senjata ke kedua pihak yang bertempur di Suriah.

Dalam pembicaraan nanti, Presiden Obama akan menekankan bahwa Amerika Serikat ingin mempertahankan rencana pembicaraan damai Geneva yang akan digelar dengan dukungan bersama Moskwa.

KTT G-8 digelar di resor golf Lough Erne di Irlandia Utara dan diikuti para pemimpin AS, Jepang, Kanada, Rusia, Jerman, Perancis, dan Italia. Kedelapan negara ini menguasai separuh dari seluruh perekonomian global sebesar 71,7 triliun dollar AS.

Pemerintah Inggris menjaga ketat perhelatan ini dengan mengerahkan sedikitnya 8.000 pasukan keamanan. Operasi pengamanan KTT ini menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Irlandia Utara.

Polisi bersenjata lengkap dilengkapi kendaraan lapis baja ditempatkan di setiap beberapa ratus meter sepanjang jalan menuju ke resor golf itu.

Pengamanan ketat itu dilakukan selain karena sejarah panjang perlawanan Irlandia Utara terhadap Kerajaan Inggris, tetapi juga kemungkinan aksi unjuk rasa ribuan orang yang menentang KTT Ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com