Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Australia Beraksen Perancis setelah Kecelakaan Mobil

Kompas.com - 17/06/2013, 12:34 WIB

Seorang perempuan dari negara bagian Tasmania, Australia, mengalami cedera di kepalanya yang mengakibatkan gaya bicaranya kedengaran seperti aksen Perancis. Dia mengatakan kondisi yang jarang ini membuatnya gelisah dan depresi.

Delapan tahun lalu Leanne Rowe terbangun di RS Austin di Melbourne dengan punggung dan rahang patah setelah mengalami kecelakaan mobil yang serius.

"Perlahan-lahan, ketika rahang saya mulai sembuh, mereka mengatakan bicara saya kurang jelas karena saya sedang makan pil yang sangat kuat," katanya kepada ABC. Bicara yang kurang jelas itu berubah menjadi apa yang kedengaran seperti aksen Perancis sampai sekarang.

Dokter keluarga, Robert Newton, menduga, Rowe terkena 'Sindrom Aksen Asing' yang sangat jarang.

Rowe mengatakan, ia lambat laun mulai menerima kenyataan apa yang mungkin akan dijalaninya seumur hidup. Ia berharap sikap menerima ini akan membantunya mengatasi keresahan dan depresi yang muncul bersama aksen asing itu.

Rowe, seorang sopir bis dan anggota Tentara Cadangan sebelum kecelakaan, kini melukiskan dirinya sebagai seorang yang mengucilkan diri. "Ini membuat saya marah karena saya orang Australia," katanya. "Saya bukan orang Perancis, meskipun saya tidak benci orang Perancis."

Anak perempuan Rowe, Kate Mundy, mengatakan, ia merasa sangat lega ibunya selamat dalam kecelakaan itu dan ia tidak memperhatikan perubahan aksen pada awalnya.

Tapi, kata Mundy, sindrom tersebut menimbulkan dampak serius dan ia kini lebih sering mewakili ibunya kalau berbicara di depan umum. "Kami juga kadang tertawa geli, tapi kalau dipikir, kondisi ini benar-benar berat bagi dia," katanya. "Kondisi ini sangat mempengaruhi hidupnya. Orang melihat dari sisi lucunya dan mengira itu sangat menarik. Memang menarik, tapi saya melihat dampaknya terhadap hidup ibu saya."

Kondisi Langka

Dr Newton mengatakan, dalam 70 tahun terakhir telah terjadi 62 kasus yang tercatat di seluruh dunia. Menurutnya, Rowe adalah satu di antara dua orang Australia yang terkena sindrom tersebut.  "Ia bicara dengan aksen Australia yang normal sebelumnya," katanya.

"Ia belajar bahasa Perancis di sekolah tapi ia belum pernah ke Perancis, tidak punya teman Perancis sama sekali. Tiba-tiba ia muncul setelah mengalami cedera di kepala dan berbicara dengan aksen Perancis, saya hampir tidak percaya."

Karen Croot dari University of Sydney adalah salah satu dari segelintir pakar yang melakukan penelitian atas Sindrom Aksen Asing. Ia mengatakan, itu terjadi ketika jaringan otak yang berkaitan dengan kemampuan berbicara rusak.

Menurutnya, itu bukan benar-benar aksen Perancis, cuma kedengarannya seperti aksen Perancis di telinga yang mendengarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com