Kompas.com - 16/06/2013, 21:38 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

RIYADH, KOMPAS.com — Arab Saudi menyerukan jemaah asing agar menunda rencana menunaikan ibadah haji pada tahun ini karena kegiatan perluasan yang sedang dilakukan di Masjidil Haram, Mekkah. Demikian seperti dikutip Antara dari Arab News, Minggu (16/6/2013).

Seruan itu disampaikan melalui saluran televisi Kitab Suci Al Quran dari Mekkah. Seruan yang tak pernah terjadi sebelumnya itu bertujuan mencegah terjadinya antrean panjang dan desak-desakan serta menjamin keselamatan jemaah.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi juga menyampaikan keputusan mengurangi jumlah jemaah haji asing sebesar 20 persen dan jemaah dalam negeri hingga 50 persen untuk musim haji tahun ini.

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Aziz Ash-Sheikh telah mendukung tindakan tersebut dan menilai hal itu dilakukan demi kepentingan umat. Menurut jumlah resmi, 3,161 juta orang menunaikan ibadah haji pada tahun 2012 lalu. Namun, jumlahnya mencapai empat juta jika termasuk jemaah haji tidak resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.