Kompas.com - 16/06/2013, 10:15 WIB
EditorErvan Hardoko

QUETTA, KOMPAS.com — Kelompok militan Pakistan, Sabtu (15/6/2013), meledakkan rumah kayu abad ke-19 yang merupakan tempat pendiri Pakistan, Mohammad Ali Jinnah, menghabiskan hari-hari terakhirnya.

Para penyerang bersenjata senapan otomatis menyerbu bangunan yang terletak di kota Ziarat, 80 kilometer sebelah tenggara Quetta, ibu kota Provinsi Baluchistan yang bermasalah.

Menurut seorang pejabat senior setempat, Nadeem Tahir, para penyerang menembak mati penjaga sebelum kemudian memasang bahan peledak di rumah bersejarah tersebut.

Petugas polisi Asghar Ali mengatakan, militan kemudian meledakkan bom dengan pengendali jarak jauh.

"Rumah Ziarat—yang balkon, lantai, dan bagian depannya dibuat dari kayu—mengalami kerusakan berat," ujar Asghar.

Setidaknya, lanjut Asghar, empat ledakan keras terdengar di pusat kota.

"Bangunan itu terbakar dan butuh waktu lima jam untuk memadamkan api, apalagi Ziarat tidak memiliki satuan pemadam kebakaran," lanjut Asghar.

Kelompok separatis Tentara Pembebasan Baluchistan mengklaim bertanggung jawab atas serangan di bangunan bersejarah itu.

"Kami yang meledakkan rumah Ziarat. Kami tak mengakui satu pun monumen nasional Pakistan," kata juru bicara Tentara Pembebasan Baluchistan, Meerak Baluch.

Baluchistan, provinsi terbesar tetapi paling terbelakang di Pakistan, yang terletak dekat perbatasan Iran dan Afganistan, sejak lama dikungkung kekerasan sektarian dan pemberontakan.

Serangan terhadap bangunan pemerintah atau pasukan keamanan Pakistan merupakan sebuah kejadian yang hampir selalu terjadi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.