Kompas.com - 16/06/2013, 09:12 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara, Minggu (16/6/2013), menawrkan pembicaraan tingkat tinggi dengan Amerika Serikat untuk mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea.

Tawaran ini datang hanya sepekan setelah pembicaraan Korea Utara dan Selatan gagal dilanjutkan setelah prselisihan soal pemimpin delegasi.

Komisi Pertahanan Korea Utara dalam pernyataan yang dikutip kantor berita KCNA mengatakan Washington dipersilahkan memilih waktu dan tempat perundingan.

Dalam perundingan itu nanti, Korea Utara membuka pintu untuk membicarakan banyak hal tanpa memberikan persyaratan seperti yang biasa dilakukan negara itu.

Awal tahun ini, Korea Utara melakukan uji coba nuklir yang kemudian memicu ketegangan di Semenanjung Korea.

Ketegangan ini kemudian memicu penutupak kawasan industri bersama Kaesong yang sebenarnya menjadi salah satu inti pembicaraan yang gagal antara kedua Korea pekan lalu.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X