Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Provokasi soal Seks, Pewawancara PM Australia Dipecat

Kompas.com - 15/06/2013, 05:32 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

PERTH, KOMPAS.com — Penyiar radio 6PR, Howard Sattler, yang memprovokasi Perdana Menteri Australia Julia Gillard dengan pertanyaan-pertanyaan beraroma seks, dipecat. Dalam siaran pers yang disiarkan Jumat (14/6/2013) malam, pihak stasiun radio milik Fairfax di Perth itu memohon maaf "sebesar-besarnya" kepada Gillard atas pertanyaan-pertanyaan Sattler kepadanya dalam sebuah wawancara khusus sehari sebelumnya.

Salah satu pertanyaan Sattler kepada Gillard adalah masalah identintas seksual Tim Mathieson, pasangan Gillard. "Sesudah interview kemarin, Radio 6PR menskors Sattler sampai penyelidikan internal tuntas," demikian bunyi siaran pers tersebut. "Sekarang kami memutuskan untuk memecat Sattler."

Harian The Age melaporkan pada Jumat bahwa hampir semua reaksi yang muncul di situs radio tersebut mengecam wawancara tersebut. Pertanyaan yang diajukan pun dinilai kurang patut dan tidak relevan.

Sattler mengaku terperanjat atas keputusan atasannya. "Saya sudah memberikan 28 tahun hidup saya pada radio ini," tuturnya, "Saya tidak membutuhkan medali atau lainnya, tetapi saya telah melakukan hal-hal yang baik kepada banyak orang dan saya mau meneruskan itu." Sattler yang kemudian menyampaikan permohonan maaf melalui radio tersebut tidak mendapat dukungan penuh dari rekan-rekannya sesama penyiar.

Seorang penyiar bahkan memuji penampilan Gillard yang tetap tenang dan berwibawa menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang kurang patut. Penyiar lain mengatakan bahwa ia tak akan pernah mau menanyakan hal yang sama kepada seorang perdana menteri.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com