Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tambah Bantuan Militer

Kompas.com - 15/06/2013, 02:33 WIB

Washington DC, Kamis - Pemerintah Amerika Serikat, Kamis (13/6), menyatakan telah memiliki bukti bahwa rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad menggunakan senjata kimia untuk menghadapi kubu oposisi. Terkait hal itu, AS pun memutuskan meningkatkan bantuan militer bagi pasukan oposisi di Suriah.

Hingga kini 150 orang dikabarkan tewas dalam serangan senjata kimia tersebut. Penggunaan senjata kimia itu membuat rezim Damaskus telah melanggar ”garis merah” yang ditetapkan Presiden AS Barack Obama sebagai batasan intervensi militer yang lebih besar dari AS dalam krisis di Suriah.

Meski demikian, Washington belum memutuskan seberapa besar dan kapan bantuan militer itu akan diberikan. Belum jelas juga apakah AS akan menerapkan zona larangan terbang di Suriah. Perang saudara di Suriah, menurut PBB, telah menewaskan sedikitnya 93.000 orang sejak meletus pada Maret 2011.

”Pihak intelijen menilai rezim Assad telah menggunakan senjata kimia, termasuk gas saraf sarin dalam skala kecil untuk melawan oposisi beberapa kali pada tahun lalu,” kata Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS, Ben Rhodes, dalam pernyataan di Gedung Putih, Kamis.

Rhodes menambahkan, ”Presiden Obama telah jelas menyatakan bahwa penggunaan senjata kimia atau transfer senjata kimia untuk kelompok teroris dianggap melanggar ’garis merah’ yang ditetapkan Amerika Serikat.”

Rhodes juga menyatakan, AS telah membagi informasi penggunaan senjata kimia ini kepada Rusia, tetapi Moskwa belum setuju bahwa Assad harus dilengserkan dari posisinya sebagai presiden.

Pada kesempatan itu, Rhodes tidak menyinggung soal rencana AS mempersenjatai pasukan oposisi untuk memerangi Assad. Namun, Obama dikabarkan akan berkonsultasi dengan Kongres AS tentang hal ini dalam beberapa minggu mendatang.

”Presiden telah membuat keputusan untuk memberi dukungan, termasuk dukungan militer,” kata Rhodes.

Menyambut baik

Dua senator senior AS dari Partai Republik, yakni John McCain dan Lindsey Graham, menyambut baik hal itu dan menyatakan bahwa kini diperlukan tindakan yang lebih tegas untuk mengakhiri kekerasan di Suriah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com