Kompas.com - 14/06/2013, 21:08 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Krisis yang belum usai di Uni Eropa (UE) menyebabkan komunitas ekonomi itu nyaris kehilangan investasi langsung (FDI). Data statistik yang disampaikan UE sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (14/6/2013) menunjukkan sampai dengan akhir 2012, FDI turun drastis.

Secara rinci, FDI dari seluruh dunia di UE berada di posisi 159 miliar euro atau setara dengan 211 miliar dollar AS sampai dengan 2012. Angka ini susut 30 persen ketimbang FDI pada 2011.

Hingga kini, AS adalah penyumbang terbesar di FDI UE. Kontribusinya mencapai 99 miliar dollar AS atau sekitar 60 persen dari total FDI. Berikutnya adalah Kanada dengan nilai investasi 19 miliar dollar euro. Pada posisi ketiga ada Jepang dengan nilai investasi 8 miliar dollar AS.

Sebaliknya, pada 2012, FDI dari UE ke seluruh dunia mencapai 171 miliar euro. FDI terbesar UE adalah pada sektor pembiayaan dengan porsi 18 miliar euro. Pada sektor ini, Kanada dan India masing-masing menyumbang 16 miliar euro. Sementara, AS dan China masing-masing 15 miliar euro dan 20 miliar euro.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.